-->

Iklan

Terkait Positif Covid 19 Lisa Bacalon Walikota Binjai,Begini Penjelasan Satgas Covid Kota Binjai

Sabtu, 05 September 2020, 13.42.00 WIB Last Updated 2020-09-05T06:42:01Z

 


Binjai-Metrolangkat.com


Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Binjai akan melakukan kegiatan rutin setiap hari Senin dan Kamis, yaitu melakukan pemeriksaan Swab dengan orang yang terkonfirmasi Virus ini.


Hal itu ditegaskan salah seorang Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Binjai, Dr Sugianto, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (5/9) Siang, terkait "Positif Covid-19" salah seorang Bakal Calon Walikota Binjai, Hj Lisa Andriani Lubis, yang diketahui melalui hasil Swab Tes yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Adam Malik Medan.


"Sesuai dengan Jadwal Kegiatan rutin Satgas, kita akan melakukan Swab Tes kepada orang orang yang kontak erat dengan orang terkonfirmasi Covid," ucap Dr Sugianto.


Disinggung apakah ada rencana untuk melakukan Lockdown (Karantina wilayah/penerapan Karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu) di Kantor KPU Binjai, mengingat Hj Lisa Andriani sempat hadir di Kantor Penyelenggara Pemilu tersebut guna mendaftar sebagai Calon Walikota Binjai, serta dihadiri banyak orang, Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai ini menegaskan bahwa hingga saat ini rencana itu belum ada.


"Sampai saat ini belum, mengingat masa inkubasi belum tercapai. Masa penularannya butuh waktu 4 sampai 5 hari kedepan, Artinya, kalau kita periksa sekarang, tentunya belum terlihat hasilnya," beber Dr Sugianto.


Untuk itu, sebagai Tim Satgas Penanganan Covid-19, Dr Sugianto menghimbau kepada masyarakat, khususnya warga Binjai, agar segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat jika kita atau siapa saja mengalami keluhan seperti batuk, demam dan sesak nafas. Hal itu sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19. 


"Pastinya seluruh kegiatan wajib mematuhi Protokol Kesehatan, seperti wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan tetap jaga jarak," himbaunya.


Diketahui, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai Zulfan Effendi menegaskan, sesuai hasil Swab tes yang dikeluarkan Pihak Rumah Sakit Adam Malik Medan, Salah seorang Bakal Calon Walikota Binjai, Hj Lisa Andriani Lubis "Positif" Covid-19.


Hal itu dikatakan Zulfan Effendi saat dikonfirmasi awak media disela sela waktu pendaftaran Paslon Hj Lisa Andriani Lubis - Sapta Bangun, di Kantor KPU Binjai, Jumat (4/9).


"Hasil swab tes yang dikeluarkan pihak Rumah Sakit untuk ibu Lisa Andriani Lubis 'Positif' Covid," ungkapnya.


Untuk itu, lanjut Zulfan, Pihaknya menghimbau agar Hj Lisa Andriani Lubis segera menjalani isolasi mandiri.


"Harus di isolasi mandiri selama 14 hari. Setelah 14 hari kemudian, harus melakukan Swab tes lagi, setelah itu baru menjalani tes kesehatan," beber Zulfan.


Pun begitu, lanjut Zulfan, tidak menghalangi pencalonan Hj Lisa Andriani Lubis sebagai Calon Walikota Binjai. (kus/red)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+