Iklan

Rabu, 14 Oktober 2020, 14.17.00 WIB
Last Updated 2020-10-14T07:17:25Z
Berita Terkini

Ada Apa,10 Anggota Panwascam Pilkada Binjai Mengundurkan Diri

Berita Viral

 


Binjai-Metrolangkat.com


Sebanyak 10 orang Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Binjai tahun 2020 di Kecamatan Binjai Barat, menyatakan mengundurkan diri sebagai Pengawas, terhitung mulai tanggal 12 Oktober 2020.


"Ya benar bang, kami mundur sebanyak 10 orang dan kemungkinan bertambah lagi," ujar salah seorang Komisioner Panwaslih Kecamatan Binjai Barat, Syamsuar, ketika dikonfimasi melalui sambungan selularnya, Rabu (14/10).


Ke-sepuluh Pengawas yang menyatakan mundur itu, terdiri dari 6 orang Pengawas Kelurahan, 2 orang Pengawas Kecamatan dan 2 orang staf Kecamatan. Sedangkan Surat pengunduran diri mereka sudah di sampaikan kepada Bawaslu Kota Binjai untuk segera ditindaklanjuti.


Lebih lanjut dikatakan Syamsuar, pihaknya bersama Pengawas Kelurahan, sudah dipanggil ke Bawaslu kota Binjai guna klarifikasi oleh Komisoner Bawaslu pada hari Selasa (13/10) kemarin.


"Namun dari hasil klarifikasi pihak Bawaslu kota Binjai belum ada keputusan," beber Syamsuar.


Disebutkan Syamsuar, bahwa mundurnya 10 Pengawas di Kecamatan Binjai Barat, tidak terkait Politik murni karena tidak profesionalnya salah seorang Komisioner berinisial HED, dan bahkan bertindak secara arogan.


"Tidak terkait Politik, walaupun diketahui yang bersangkutan pernah berfoto bersama anggota DPR RI dan Walikota Binjai, Idaham. Tapi ini murni terkait kinerja yang bersangkutan," ujar Syamsuar.


Ditegaskannya, piahknya bersama rekan komisioner lainnya seperti Erwin Purba serta 6 Pengawas Kelurahan dan 2 orang staf serta bakal menyusul yang lainnya, sudah bertekad akan mengundurkan diri jika HED tidak mundur atau dipecat oleh Bawaslu Kota Binjai.


Pun begitu, lanjut Syamsuar, walaupun mereka sudah membuat surat pengunduran diri, namun kewaiiban sebagai Pengawas masih tetap berjalan sampai menunggu keputusan Bawaslu Kota Binjai menerbitkan keputusannya.


Sementara itu, Kordiv OSDM Bawaslu Binjai, Syainul Irwan, ketika dikonfirmasi, Rabu (14/10) Siang, membenarkan adanya surat pengunduran diri 10 Pengawas Pilkada di Binjai Barat. " Iya benar sedang kami proses, belum ada keputusan," ujar Sainul. (put)