Iklan

Jumat, 16 Oktober 2020, 11.38.00 WIB
Last Updated 2020-10-16T04:38:12Z
Menuju Binjai-1

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Terkait ASN

Berita Viral

 

Kegiatan sosialisasi Pemilu untuk pengawasan ASN dalam netralitas di Pilkada


Binjai-Metrolangkat.com


Selama 2 hari, Kamis dan Jumat (15/16-10) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kota Binjai pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020, di Aula Perum Adella, Jalan MT Haryono, Kecamatan Binjai Utara.


Hadir dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Binjai Ari Nurwanto, beserta Komisioner, Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kode etik, kode perilaku, dan netralitas ASN, Drs. Pangihutan Marpaung.MM, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Syafrida R Rasahan, serta ASN di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko Binjai).


Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan, setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak berpihak kepentingan siapapun.



"Bahkan ada sanksi yang tegas, yaitu ASN dapat diberhentikan dengan tidak hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik," ujarnya, sembari mengatakan, ASN yang mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah, wajib mengundurkan diri secara tertulis sejak ditetapkan sebagai Calon Peserta Pilkada.


Ditempat yang sama, Drs. Pangihutan Marpaung.MM, dalam arahannya membeberkan tugas dan wewenang Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).


"Tugas KASN adalah menjaga netralitas ASN dan melakukan pengawasan atau pembinaan serta melaporkan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan manajemen ASN kepada Presiden," beber Drs. Pangihutan Marpaung.MM.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Syafrida R Rasahan, juga membeberkan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari Badan Pengawas Pemilu.


"Dalam hal ini, kami wajib memberikan sosialisasi dan pemahaman. Artinya, jika terjadi pelanggaran maka kami berikan sanksi. Kami juga melakukan tindakan, karena kewenangan Bawaslu diantaranya Pencegahan, Pengawasan, Penindakan dan penyelesaian sengketa," ungkapnya.


Namun, amatan awak media ini, dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kota Binjai pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020, hanya beberapa ASN saja yang terlihat di dalam kegiatan tersebut.


Hingga berita ini diturunkan, kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu terkait Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintahan Kota Binjai pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020 masih berlangsung. (kus)