Iklan

Selasa, 27 Oktober 2020, 13.50.00 WIB
Last Updated 2020-10-27T06:50:58Z
Berita Hari Ini

Ketua Bawaslu Ancam Bawa Masalah Penurunan Baleho Bawaslu Keranah Hukum

Berita Viral

 


Binjai-Metrolangkat.com


Terkait diturunkannya Billboard Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai yang sebelumnya di pasang di depan Kantor Pemerintah Kota Binjai, Jalan Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, akhirnya menjadi Polemik.


Sebab, Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto, saat dikonfirmasi awak media, Senin (26/10) malam, menegaskan, pihaknya akan mengambil upaya hukum terkait penurunan Billboard Bawaslu tersebut. 


"Hingga saat ini masih kami telusuri siapa yang menurunkannya. Kami juga berencana akan mengambil upaya hukum dengan melaporkannya ke Polres Binjai," ungkap Ari Nurwanto.


Ari juga mengakui jika penurunan Billboard tersebut juga tidak ada berkordinasi dengan pihaknya.


"Karena tidak ada kordinasi dan kami tidak mengetahuinya, makanya kami berencana melaporkan," tegas Ari, seraya mengatakan jika penurunan Billboard tersebut diduga sebelum masuk Sholat Maghrib, kemarin, Senin (26/10).


Disinggung berapa Billboard yang diturunkan dalam Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Paslon Walikota dan Wakil Walikota Binjai yang dilaksanakan tim gabungan, Ari mengatakan ada 3 lokasi.


"Ada 3 tempat, masing masing di Tanah Seribu, depan Pemko Binjai dan Jalan Soekarno - Hatta, tepatnya di KM 19," urai Ari Nurwanto.


Terpisah, (Plt) Kasatpol PP Kota Binjai, Binawan, saat dikonfirmasi awak media, menegaskan jika pihaknya tidak ada melakukan pembongkaran Billboard milik Bawaslu Kota Binjai.


"Kami tidak ada membongkar Billboard itu. Kalaupun ada yang melihat oknum kami yang membongkar, tolong laporkan kepada kami," beber Binawan, Selasa (27/10), seraya menambahkan, 


"Tadi pagi saya juga me-Apelkan anggota dan menanyakan siapa yang membongkar Billboard itu, tapi memang tidak ada," sambung Binawan.


Diberitakan sebelumnya, Tim gabungan yang terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, bersama Petugas Kepolisian dari Polres Binjai, Kodim 0203/LKT, KPU Kota Binjai, Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai, yang menyalahi aturan, Senin (26/10).


Kegiatan yang diawali Apel di Lapangan Merdeka Binjai, dilanjutkan dengan Penertiban APK yang menyalahi aturan di Kota Binjai.


Menurut Ketua Bawaslu Kota Binjai, Ari Nurwanto, Penertiban yang dilakukan oleh Tim Gabungan ini, dibagi menjadi 5 titik Kecamatan yang ada di Kota Binjai. Yang kita tertibkan adalah APK yang melanggar aturan. 


"Hari ini kami bersama Tim gabungan yang lain, menertibkan APK yang menyalahi aturan di Kota Binjai," ucap Ari Nurwanto, seraya menambahkan, jumlah Personil yang dilibatkan dalam Penertiban ini sejumlah 100 orang.


Lebih lanjut dikatakan Ari, dalam menertibkan APK ini, pihaknya menurunkan seluruh Panwas Kecamatan dan Panwas Kelurahan.


Sementara itu, Plt Kasatpol PP Kota Binjai, Binawan, mengatakan, dalam penertiban ini, pihaknya menurunkan 25 Personil.


"Dari Satpol PP sejumlah 25 Personil yang terdiri dari 2 regu. Sementara yang di tertibkan sesuai kesepakatan adalah Billboard yang berada disepanjang Jalan Protokol," urai Binawan.


Pantauan awak media, usai menggelar Apel di Lapangan Merdeka Binjai, Tim gabungan langsung dibagi perkecamatan. (kus)