Iklan

Rabu, 25 November 2020, 21.27.00 WIB
Last Updated 2020-11-25T14:27:46Z
Menuju Binjai-1

184.273 Lembar Surat Suara Tiba Di Binjai....

Berita Viral


 Binjai-Metrolangkat-binjai.com


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, optimis perhelatan Pilkada 2020 akan berjalan sukses dan lancar.  

 

“Berkat doa dan dukungan warga Binjai, dukungan seluruh pemangku kepentingan dan pendekatan sosialisasi yang kami lakukan, kami optimis lancar,” Kata Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi, Rabu (25/11). 

 

Indikator utama kelancaran itu menurut Zulfan, terkait dengan kesiapan logistik Pilkada yang menjadi perhatian utama KPU Binjai, terutama dari sisi kesiapan distribusi hingga pengamanan. 


“Tadi pagi pukul 02.00 wib sudah tiba surat suara kita yang dikawal Ketat Polisi dari percetakan sampai ke kantor KPU Kota Binjai,” terang Zulfan. 


Zulfan memberi info Jumlah surat suara yang tiba itu sebanyak 184.273 lembar. Itu terdiri dari DPT tambah 2,5 persen per TPS dan 2.000  lembar surat suara cadangan jika ada pemilihan ulang.


Zulfan menjelaskan, Khusus surat suara, pihaknya sudah siapkan tempat khusus dilengkapi dengan CCTV dan pengamanan.


“Dalam waktu dekat ini akan dilakukan sortir dan pelipatan. Dalam kegiatan ini kita menerapkan standar Prokes dan keamanan yang ketat. Petugas sortir dan pelipatan memanfaatkan jasa warga sekitar kantor KPU,” ujar Zulfan. 


Terkait semakin dekatnya hari H putungsura, KPU juga semakin intensif sosialisasi ke seluruh elemen masyarakat, serta meminta peserta dan seluruh Stakeholder untuk membantu sosialisasi. 


“Semakin kami tingkatkan intensitas sosialisasi di semua elemen warga Binjai,” sebut Robby Effendi, Ketua Divisi SDM/Parmas di tempat yang sama. 


Robby juga menginformasikan bahwa gelaran Debat publik II dilaksanakan pada 3 Desember di Kota Binjai. Ini sengaja kita buat untuk meningkatkan antusiasme masyarakat guna menyalurkan hak suara.


Terkait kesiapan SDM penyelenggara di 9 Desember, Robby menegaskan, pihaknya mulai dengan kesiapan tataran kesehatan dengan melakukan rapid test di lima Puskesmas utama di masing masing Kecamatan. 


“Semua telah rapid tes. Mulai dari KPPS, PPS hingga PPK,” sebutnya. 


Lebih lanjut dikatakan Robby, ini merupakan komitmen kita sebagai duta kesehatan sekaligus upaya kita memberikan jaminan keamanan dan kesehatan bagi pemilih maupun petugas. 


“Total yang telah rapid tes ada Petugas KPPS total 3.325 orang dan Linmas 950 orang,” sebut Robby.  

 

Kesiapan lain, Divisi Teknis KPU Binjai juga telah menggelar bimbingan teknis pemungutan dan penghitungan suara secara berjenjang. "Kita mulai di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan,” sebutnya. (tra)