Iklan

Rabu, 18 November 2020, 16.57.00 WIB
Last Updated 2020-11-18T09:57:00Z
Macam-macam

Alhamdulillah Makam Kramat Kebun Lada Direnovasi

Berita Viral

 

Makam kramat Kebun Lada yang akan dipugar dengan sebaik baiknya.


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Kuburan keramat. Begitulah warga sekitar menyebut 3 makam yang berada di Lingkungan V Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara.


Bila diamati, makam Keramat tersebut seperti tidak terurus. Hal itu karena banyaknya lumut dan rumput yang tumbuh disekitar makam itu. Bahkan, makam yang terletak dibelakang lapangan Sepak Bola itu, ditaksir sudah berusia ratusan tahun.


Disebut sudah berusia ratusan tahun, sebab di batu nisan tertulis nama Muhammad, yang meninggal pada tahun 1871. Sedangkan di makam yang sebelahnya tertulis nama Syekh (namanya kurang jelas karena termakan usia) meninggal tahun 1821.


Dilokasi yang sama, juga terdapat makam yang bergandengan. Namun di makam ini terdapat sebuah pohon besar yang ditaksir sudah berusia ratusan tahun, sehingga menghancurkan bangunan makam.



Ukuran makam keramat itupun berbeda beda. Ada yang berukuran kurang lebih 6 Meter dan 3 Meter. Sedangkan untuk makam yang diatasnya tumbuh pohon besar memiliki panjang kurang lebih 4 Meter.


Beruntung, akhirnya ada Dermawan yang akan dan bersedia memugar/merenovasi makam itu. Adalah, Michael dan Yar, yang mengaku warga Medan Marelan. 


Bersama warga sekitar, Tokoh masyarakat, Polmas dan Kepling setempat, sang donatur (Michael dan Yar) langsung mendatangi lokasi makam itu.


 Bersama warga, ia pun ikut membersihkan dan memotong kayu yang ada di sekitar makam dengan peralatan yang ada, seperti Parang dan mesin Chain Shaw, Rabu (18/11).


"Saya hanya berniat dan tertarik untuk memugar makam keramat ini," ucap Michael, sang donatur, seraya menyebutkan bila dirinya tidak ada hubungan keluarga dengan jasad yang ada di makam itu.


Selain akan memugar makam, ungkap Michael, nantinya dilokasi ini juga akan dipasang beberapa kursi yang berguna untuk duduk sembari beristirahat bagi para peziarah.


Ditempat yang sama, salah seorang Pengurus makam yang mengaku bernama Surya Darma, menyambut baik rencana sang donatur tersebut.


Menurutnya, selain akan memugar dan merenovasi makam, semua batas tanah yang mengelilingi pemakaman itu juga akan di pagar.


"Alhamdulillah, hari ini ada donatur yang bersedia memugar makam ini. Sebagai pengurus makam, kami sudah beberapa kali mengusulkan ke Dinas Parawisata Kota Binjai maupun Provsu, agar merenovasinya. Namun bantuan itu tidak pernah turun," urai Surya Darma, yang juga menjabat sebagai Kepling ll Kelurahan Kebun Lada.


Untuk itu, sebagai Pengurus makam, ia berharap rencana tersebut dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala. "Semoga hal ini dapat berjalan lancar dan dapat terlaksana dengan baik," tutup Surya Darma yang saat ini juga sebagai Sekjen FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Kota Binjai. (tra)