Iklan

Sabtu, 14 November 2020, 13.49.00 WIB
Last Updated 2020-11-14T06:49:02Z
Berita Hari Ini

BKKBN Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga

Berita Viral


 Binjai-Metrolangkat-binjai.com


Sebagai Mitra Kerja, Komisi IX DPR RI menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara, dalam kegiatan "Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga bersama Mitra Kerja pada masa Pandemi Covid-19".


Kegiatan yang digelar di Gedung Futsal Al-Bayan, Jalan Teratai, Lingkungan VII Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binjai Utara, dihadiri oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Hj Delia Pratiwi Br Sitepu, serta BKKBN Sumut yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja, Vivi Darfina, Sabtu (14/11).


Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Sosialisasi kali ini juga dihadiri oleh Puluhan warga yang merupakan Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tomas, serta masyarakat Kota Binjai.


Dalam sambutannya, Vivi Darfina mengatakan, BKKBN Provsu tidak hanya menjalankan Program Keluarga Berencana seperti alat kontrasepsi, namun ada hal lain yang harus disoroti, yaitu remaja.


"Karena banyaknya bonus Demografi yang kita hadapi, maka BKKBN juga tertarik dengan namanya remaja. 


Sebab, pembangunan Keluarga dimulai dari remaja, yaitu dengan Program Genre (Generasi Berencana-red). Untuk itu, jauhi Narkoba dan Pergaulan bebas serta pernikahan dini. 


Sebab banyak perceraian di usia dini umumnya karena persoalan ekonomi," papar Vivi.


Lebih lanjut dikatakan wanita berhijab ini, agar remaja dapat menentukan masa depannya, maka harus didasari dengan beberapa poin, diantaranya berpendidikan, bekerja, bermasyarakat, berkeluarga dan menjalani pola hidup sehat. 


"Pembangunan Keluarga itu setelah mereka dapat merencanakan masa depannya, maka akan terbentuk keluarga yang harmonis," urai Vivi Darfina, saat dikonfirnasi awak media usai kegiatan sosialisasi, seraya menambahkan jika remaja itu dimulai dari usia 10 - 24 tahun, serta belum menikah.


Ditempat yang sama, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar, Hj Delia Pratiwi Br Sitepu, dalam penyampaiannya mengatakan, BKKBN bukan saja mengurus alat kontrasepsi, akan tetapi juga membahas Balita hingga remaja.


Untuk itu, sebagai anggota Komisi IX DPR RI yang lingkup tugasnya di bidang Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Delia juga mengajak seluruh warga untuk membangun sebuah Keluarga dengan perencanaan yang matang.


Dalam kegiatan Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga bersama Mitra Kerja pada masa Pandemi Covid-19 ini, Delia juga mengajak masyarakat untuk menjaga 3 hal, yaitu Jaga Iman, Jaga Aman dan Jaga Imun.


"Jaga Iman yaitu wajib menjalankan ibadah sesuai agama. Jaga aman yaitu wajib memakai masker, wajib jaga jarak, hindari kerumunan dan wajib cuci tangan.


 Sedangkan Jaga Imun yaitu wajib olahraga teratur, wajib istirahat cukup, wajib tidak panik, wajib gembira dan wajib makanan bergizi," ungkap Delia Pratiwi.


Kegiatan semakin meriah setelah 2 Genre asal Sumatera Utara, ikut bergabung untuk membawakan acara tersebut. Diakhir kegiatan, beberapa Door Prize seperti alat alat elektronik dan Sepeda Gunung diberikan kepada peserta sosialisasi jika dapat menjawab kuis yang diberikan oleh Delia Pratiwi. (tra)