Iklan

Rabu, 11 November 2020, 10.48.00 WIB
Last Updated 2020-11-11T03:48:36Z
Berita Hari Ini

FKDM Binjai Bagi-Bagi Masker

Berita Viral

 


Binjai-Metrolangkat.com


Peran vital Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dalam mencegah dan mendeteksi dini terhadap Konflik sosial seperti gangguan, tindakan, ancaman, keamanan, peristiwa atau bencana di tiap daerah, sangatlah penting.


Tingkat Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah Mulai dari Kelurahan/Desa,  Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai tingkat Provinsi menjadi perhatian Kepolisian dan TNI dalam memberikan pelatihan dan pembekalan fungsi deteksi dini.


Salah satunya adalah aksi nyata yang dilakukan FKDM Kota Binjai. Dikordinir oleh Kesbangpol Kota Binjai bekerjasama dengan Kesbangpol Provsu, puluhan anggota FKDM Kota Binjai membagikan masker di 2 titik yang berbeda di Kota Binjai, yaitu di Bundaran Tugu Kota Binjai, serta di Jalan Sudirman, tepatnya di depan Pemko Binjai, Rabu (11/11) Pagi.



Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kota Binjai, Tengku Syarifuddin, saat di konfirmasi awak media di lokasi mengatakan, pembagian masker tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, atau menjaga kesehatan akibat Pandemi Coronavirus Disease 2019.


"Dengan diadakannya kegiatan ini, kita berharap masyarakat dapat menggunakan masker saat keluar rumah. Hal ini guna memutus penyebaran klaster klaster Virus Corona," ungkapnya.


Sebagai Kaban Kesbangpol Kota Binjai, pihaknya juga membagi bagikan brosur terkait tahapan Pilkada, yang akan digelar pada 9 Desember mendatang.


"Didalam brosur tersebut, ada tahapan tahapan atau cara pada saat pemilihan nanti, salahsatunya mematuhi Protokol Kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, sehingga Pilkada nanti tidak menimbulkan klaster baru," ujar Tengku Syarifuddin.


Pantauan awak media, puluhan anggota FKDM Kota Binjai, membagikan sekaligus memasangkan masker kepada pengendara motor yang melintas di lokasi tersebut. Bahkan, kerumunan warga yang berada disalah satu Bank milik Pemerintah, juga diseser mereka guna membagikan masker.


"Dalam kegiatan ini, sedikitnya ada 2000 masker yang dibagikan. Kegiatannya kami rencanakan selama 2 hari," beber Tengku Syarifuddin.


Sementara itu, Ketua FKDM Kota Binjai, Nelson Lumbangaol, meapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kesbangpol Kota Binjai dan Kesbangpol Provinsi Sumut. Menurutnya, sebagai perpanjangan tangan atau naungan dari Kesbangpol, serta sesuai Permendragi nomor 12 tahun 2006, pihaknya bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan yang positif.


"Sebagai mata dan telinga dari Pemerintah, tentunya kami sangat mendukung kegiatan ini. Hal itu bisa terlihat dengan adanya puluhan anggota FKDM Kota Binjai, yang ikut serta dalam kegiatan ini," ujar Nelson, seraya mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga 3 M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.


Ditempat yang sama, salah seorang warga yang mengaku bernama Eko, menyambut baik kegiatan yang telah digagas oleh Kesbangpol.


"Kami berharap kegiatan ini terus dilakukan oleh Pemerintah maupun Instansi atau Lembaga lainnya. Sebab tanpa ada pemberitahuan maupun himbauan, masyarakat terkesan tidak memikirkan pentingnya kesehatan," ucap Eko, seraya memakai masker yang diberikan oleh anggota FKDM Kota Binjai kepada dirinya. (kus)