Iklan

Minggu, 29 November 2020, 20.14.00 WIB
Last Updated 2020-11-29T13:14:28Z
Menuju Binjai-1

KPU Sosialisasi Pemilihan Kepada Ormas-Ormas Di Kota Binjai

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Jelang perhelatan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar melakukan Sosialisasi terhadap masyarakat.


Seperti kali ini, bertempat di Coffee Day, Jalan S Hasanuddin, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, KPU Kota Binjai menggelar Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020 kepada Ormas di Kota Binjai, Minggu (29/11) Sore.


Dihadapan puluhan tamu undangan, Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi, menegaskan, pelaksanaan Pilkada pada tahun 2020 ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab, pelaksanaannya di masa Pandemi Covid-19.


"Inilah perbedaan mendasar. Karena Pilkada 2020, wajib menerapkan Protokol Kesehatan di seluruh tahapannya. Seperti dimulai dengan pembentukan Adhoc, perekrutan PPK dan PPS, semuanya harus melaksanakan rapid test. Termasuk kami dari KPU Kota Binjai," urai Zulfan.


Pada kesempatan itu, Zulfan juga menjelaskan tata cara pencoblosan bagi masyarakat saat hadir dan akan melaksanakan hak piliknya di bilik TPS (Tempat Pemungutan Suara).


"Nantinya, waktu pencoblosan di TPS, akan disesuaikan dengan nomor urut. Misalnya nomor urut 1 sampai 50, dimulai pada pukul 07.00 sampai 08.00 Wib. Tujuannya agar pemilih tidak berkerumun saat akan menentukan hak suaranya. Begitupun, bukan berarti tidak boleh datang seandainya lewat waktu yang ditentukan. Hal itu juga untuk mencegah munculnya Klaster Klaster baru penyebaran  Coronavirus disease 2019 ( COVID-19)," ungkapnya.


Tidak hanya itu, lanjut Zulfan, warga yang akan mencoblos juga diharuskan memakai masker dan membawa Pulpen agar tidak tertular Virus Corona. Sedangkan suhu tubuh yang melebihi dari  37,3 derajat, akan disediakan bilik khusus untuk mencoblos.


"Jarak minimal 1 Meter dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan," ujar Zulfan Effendi, seraya menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.


Ditempat yang sama, Komisioner KPU Kota Binjai, yang juga Ketua Divisi SDM/Parmas, Robby Effendi, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama sama menjaga integritas.


"Mari bersama sama menjaga integritas, tidak hanya pelenggara Pemilu saja," ungkap Robby, seraya mengungkapkan jika pihaknya sudah melakukan Sosialisasi di seluruh lapisan masyarakat, termasuk memberikan edukasi kepada kaum Desabilitas. 


Hadir dalam Sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai ini yang juga diisi dengan Sesi tanya jawab adalah puluhan Mahasiswa serta masyarakat Kota Binjai, HMI Cab Binjai, Fambi dan Forhati. (Tra)