Iklan

Senin, 30 November 2020, 15.36.00 WIB
Last Updated 2020-11-30T08:36:35Z
Menuju Binjai-1

Mendekati Pilkada, KPU Binjai Geber Sosialisasi Kesegala Penjuru

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Mendekati Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang akan digelar pada 9 Desember mendatang, KPU Kota Binjai terus gencar melakukan Sosialisasi kepada sejumlah elemen masyarakat. 


Kali ini, sosialisasi menyasar kepada PD Pemuda Muhammadiyah, Aisiyah, IMM dan IPM, yang digelar di Gedung Dakwah, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binjai Utara, Senin (30/11).


"Saat ini, KPU Binjai akan memaparkan situasi jelang hari H pemungutan suara pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang. Semoga dari kegiatan ini, semakin menumbuhkan animo masyarakat untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya," kata Sekretaris PD Pemuda Muhammadiyah Binjai, M Nasir, saat membuka sosialisasi yang dilakukan KPU.


Sementara itu, Ketua Divisi Hukum KPU Kota Binjai, Arifin Saleh, yang membuka sosialisasi, menghimbau kepada masyarakat Kota Binjai yang sudah mempunyai hak pilih, agar menjadi pemilih yang Substansif.


"Kita sebagai generasi bangsa, adalah calon pemimpin yang akan datang. Untuk itu, kita harus optimis. Kami mau mengingatkan, jadilah pemilih yang substantif, pemilih yang bukan ikut ikutan," tegasnya.


Karena itu, lanjut Arifin Saleh, ia kembali mengingatkan kader kader Muhammadiyah, bahwa apakah namanya sudah terdaftar di TPS, yang serentak dijawab "Sudah" oleh puluhan tamu undangan.


"Alhamdulillah. Sudah pada tahukan siapa siapa saja calonnya?" tanya Arifin lagi, yang lagi lagi dijawab serentak "Sudah pak. Ada tiga pasangan calon," jawab kader Pemuda Muhammadiyah Kota Binjai.


Pada kesempatan itu, Arifin Saleh juga menghimbau kepada hadirin, bila ada teman, keluarga maupun tetangga yang akan menginjak usia 17 tahun dalam waktu dekat ini, untuk segera merekam KTP Elektronik di Disdukcatpil. "Bagi yang belum rekam, segera! InsyaAllah gratis, tidak ada dipungut biaya," katanya.


Komisioner KPU Binjaj yang membidangi Divisi Hukum ini juga menambahkan, pada saat nanti ada pemilih sampai di TPS dan dicek suhu tubuhnya 37,3 derajat Celcius, maka yang bersangkutan tidak disatukan. Sebab, ada bilik khusus yang sudah disiapkan. 


"Karena itu, KPU meyakinkan bahwa penyelenggara sehat dan pemilih juga sehat. Selesai mencoblos, jangan menunggu apa apa lagi. Langsung pulang kerumah saja. Ingat! Satu suara sangat menentukan," tambahnya.


Ditempat yang sama, Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, Robby Effendi menjelaskan, sejumlah tahapan sudah dilalui jelang Pesta Demokrasi Pilkada serentak. Begitu juga persoalan Pandemi Covid-19, hingga regulasi yang telah diterbitkan. 


"Kami sudah membentuk Relawan Demokrasi yang sosialisasinya menyasar kepada kelompok yang minim mendapat informasi seputar Pilkada 2020. Kalau kita sudah tentu banyak mendapat informasi tentang Pilkada," ujarnya.


Untuk itu, sambung Robby, ia berharap kepada seluruh tamu undangan, agar bekerjasama untuk memberitahukan masyarakat terkait cara pencoblosan saat berada di TPS.


Diakhir kegiatan, KPU Kota Binjai juga menggelar session tanya jawab kepada seluruh tamu undangan. (tra)