-->

Iklan

5 Pos Kotis Disiapkan Hadapi Natal Dan Tahun Baru

Rabu, 23 Desember 2020, 12.39.00 WIB Last Updated 2020-12-23T05:39:20Z

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Jelang Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, hampir seluruh Terminal Bus maupun Stasiun, tentunya bersiap siap menampung arus mudik. Segala persiapan pun sudah mulai terlihat di beberapa fasilitas umum tersebut.


Salah satunya di Terminal Bus Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Ikan Paus, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur. Di tempat ini, beberapa persiapan pun mulai dilakukan.  


Bahkan, jelang Natal 2020 ini, beberapa Pos Kotis yang berfungsi untuk koordinasi dan sebagai pusat informasi tentang semua kegiatan yang jelang mudik, juga sudah terlihat dibeberapa titik keramaian yang ada di Kota Binjai.


Menurut Kepala Terminal Bus Kota Binjai, Juliana, melalui Kabid Angkutan dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Binjai, Irwan Tindaon, setidaknya ada 5 Pos Kotis yang sudah berdiri di Kota Binjai.


"Mulai tanggal 21 kemarin, setidaknya ada 5 Pos Kotis di beberapa titik yang ada di Kota Binjai. Artinya, kita juga berkoordinasi dengan Instansi terkait dalam menghadapi arus mudik, baik dari aspek keamanan dan kenyamanan, informasi, serta terkait penerapan Prokes," ungkap Irwan Tindaon, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (23/12) Siang.


Ia juga mengungkapkan, dimasa Pandemi Covid-19 ini, ada beberapa panduan dari Kementerian Perhubungan yang harus dijalankan. Hal itu agar tidak muncul klaster klaster baru penyebaran Virus Corona.


"Setau saya, atasan kami juga sudah melakukan meeting zoom dengan Kementerian Perhubungan. Hal itu terkait panduan menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru," urainya.


Namun dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, lanjut Irwan Tondoan, untuk kelengkapan angkutan umum seperti uji KIR atau uji kelayakan kendaraan bermotor sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut layak digunakan secara teknis di Jalan Raya, ditiadakan.


Tidak hanya itu, tes urin bagi pengemudi kendaraan umum yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, juga tidak dilakukan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini.


"Mungkin dananya dialihkan untuk penanganan penyebatan Covid. Begitupun, kita tetap melakukan pemantauan dan mencek kesiapan angkutan yang ada. Sebab, keselamatan penumpang merupakan hal paling utama," beber Irwan Tindaon, seraya menambahkan, di Terminal Bus Kota Binjai, juga disiapkan tempat untuk mencuci tangan beserta Handsanitizer.


Sebagai Kabid Angkutan dan Prasarana, ia juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan umum, untuk tetap disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).


"Utamakan kesehatan dan keselamatan. Tetap berdoa dan berhati hati dalam perjalanan. Yang tidak kalah penting, terapkan Prokes dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Hal itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pintanya.


Diketahui, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengeluarkan surat edaran terkait persyaratan memiliki PCR atau Rapid Test Antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri masuk wilayah Provinsi Sumatera Utara.


Berikut isi surat edaran dari Gubernur Sumatera Utara, tertanggal 18 Desember 2020 : 


Dalam rangka pencegahan dan pengendalian wabah Covid-19, khususnya pada masa arus mudik/balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2020/2021, dengan ini disampaikan bahwa kepada setiap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk ke wilayah Provinsi Sumatera Utara, wajib menunujukkan hasil PCR atau Rapid Test Antigen (RDT-ag) dengan masa berlaku selama 14 (empat belas) hari.


Berkaitan dengan hal tersebut, diminta kepada saudara untuk memberlakukan kewajiban dimaksud, terhitung mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Dengan demikian penumpang yang tidak memiliki hasil PCR atau Rapid Test Antigen (RDT-ag) dilarang masuk ke wilayah Provinsi Sumatera Utara. (tra) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+