Iklan

Kamis, 10 Desember 2020, 13.18.00 WIB
Last Updated 2020-12-10T06:18:11Z
Berita Hari Ini

Di Binjai Akan Dilakukan Pencoblosan Ulang

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Sebanyak 43 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pilkada serentak tahun 2020, berpotensi melakukan pemungutan suara ulang. Diulangnya pemungutan suara umumnya  dikarenakan pemilih menggunakan hak pilih orang lain.


Hal itu dikatakan salah seorang anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, saat menggelar Konferensi Pers, Rabu (9/12) kemarin.


Menurut Pria berkacamata ini, adapun salah satu TPS yang berpotensi melakukan pemungutan suara ulang adalah Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara.


Menyikapi hal itu, awak media ini mencoba konfirmasi ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat.


Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi, melalui Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas, Robby Effendi, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/12) Siang, membenarkan adanya penghitungan suara ulang di salah satu TPS yang ada di Kota Binjai.


"Benar, ada 1 TPS yang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 003, yang ada di Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota," ungkap Robby Effendi.


Disinggung kapan rencananya akan dilakukan pemungutan suara ulang di TPS yang dimaksud, pria yang selalu ramah dengan awak media ini belum mengetahui kepastiannya.


"Rencananya akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Desember 2020, mulai Pukul 07.00 Wib sampai 13.00 Wib. Namun itupun belum Fixed. Masih mau kami rapatkan dulu hari ini," bebernya.


Disoal apa penyebab dilakukannya pemungutan suara ulang di TPS 003 yang berada di Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Robby menegaskan bahwa ada pemilih yang menggunakan hak pilih orang lain.


"Ada ditemukan 2 orang yang menggunakan C pemberitahuan milik pemilih lain," ucap Robby dengan singkat.


Terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai, Ari Nurwanto, saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/12) siang, membenarkan adanya pemungutan suara ulang di salah satu TPS yang ada di Kota Binjai.


"Sore nanti sekira Pukul 16.00 Wib, akan kami rapatkan dengan KPU dan Instansi terkait. Sabar ya," kata Ari.


Diketahui, adapun 43 TPS yang berpotensi akan melakukan pemungutan suara ulang berada di Agam, Banggai, Barito Selatan, Binjai, Bungo, Gunung Kidul, Indramayu, Bolaangmongondo Timur, Labuhanbatu Utara, dan Malang.


Kemudian di Toli-Toli, Kapuas Hulu, Kota Bukit Tinggi, Kota Jambi, Kotamobagu, Kota Makassar, Palangkaraya, Kota Sawah Lunto, Kutai Timur, Melawi, Minahasa Utara, dan Musi Rawas Utara.


Selanjutnya di Nabire, Pangkajene Kepulauan, Parigi Moutong, Pasaman, Seram Bagian Timur, Sungai Penuh, Tangerang Selatan, dan Tanah Datar. (Tra)