Iklan

Jumat, 04 Desember 2020, 21.47.00 WIB
Last Updated 2020-12-04T14:47:00Z
Berita Terkini

Polres Binjai Gelar Dekralasi Damai Bersama Menjelang Pilwako 9 Desember Mendatang

Berita Viral

 


Binjai-Metrolangkat-binjai.com


Jelang Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo SIK, menggelar "Deklarasi Damai" bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Binjai, tokoh agama, tokoh pemuda dan juga tokoh masyarakat, Jumat (4/12).


Kegiatan yang digelar di Aula Catur Sakti Mapolres Binjai, Jalan Sultan Hasanuddin No 1 Kecamatan Binjai Kota ini bertujuan untuk bersama sama menjaga  Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Binjai Tahun 2020, pada situasi Pandemi Covid-19.


Pada kesempatan itu, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda dan para tokoh agama, tomas dan tokoh kepemudaan, yang bersedia hadir dalam kegiatan Deklarasi Damai tersebut.



"Saat ini, masyarakat Indonesia masih menghadapi Pandemi Covid-19. Berdasarkan data dari Tim Gugus, Kota Binjai sudah memasuki zona hijau. Hal ini berkat kepatuhan dan peranserta masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan, sehingga tidak menimbulkan klaster baru Covid-19," ungkapnya.


Kapolres Binjai juga mengucapkan terima kasih atas terciptanya situasi Kamtibmas di Kota Binjai, tepatnya pada saat pelaksanaan kampanye para Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Binjai, dapat berlangsung dengan aman dan kondusif.


"Bersyukur, masyarakat Binjai tidak terprovokasi dengan berita berita hoax di sosial media," tegasnya.


Perwira Menengah Polisi ini juga menyampaikan pesan kepada masyarakat, khususnya warga Binjai, agar dapat menjaga kekondusifan dan tidak mudah terprovokasi serta tidak menggunakan atribut Parpol, Ormas atau OKP, pada saat masa tenang atau pada saat pencoblosan surat suara. "Kami berharap masyarakat tetap berperan aktif dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan," ujar AKBP Romadhoni Sutardjo.


Sementara itu, Dandim 0203/LKT, Letkol Inf Bachtiar Susanto, dalam penyampaiannya mendukung Instansi Kepolisian, serta mengajak kepada masyarakat agar Pilkada Kota Binjai, dapat berjalan dengan aman,  damai dan sukses. 


"Siapapun nantinya yang menang pada kontestasi Pilkada, dia merupakan Putra terbaik Kota Binjai," 


Ditempat yang sama, 

Walikota Binjai yang diwakili Asisten II, Ir Dahnial Reza, menjelaskan, Pemko Binjai siap mendukung TNI-Polri, dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Binjai tahun 2020.


Atas terselenggaranya Deklarasi Damai itu, Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi, yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, memberikan apresiasi kepada Kapolres Binjai. Diakuinya, sejak dimulainya tahapan Pilkada Kota Binjai, Personil Kepolisian dari Polres Binjai, terus berberan aktif dalam mengamankan semua pentahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020.


Senada, Ketua Bawaslu Kota Binjai, Arie Nurwanto SH MH, juga memberikan apresiasi kepada Kapolres Binjai beserta jajarannya. Sebab menurutnya, dengan terselenggaranya penanda tanganan Deklarasi Damai bersama, ia berharap Kota Binjai tetap aman dan situasi kamtibmas tetap kondusif.


Arie Nurwanto juga

menghimbau kepada seluruh Paslon peserta Pilkada Binjai, agar tidak melakukan hal hal yang melanggar ketentuan yang sudah diatur.


"Sejak dimulainya masa tenang, tidak dibenarkan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kampanye terselubung. Saya juga berharap para Paslon dapat mendeklarasikan bersama dengan menolak politik uang pada Pemilu Kota Binjai tahun 2020, serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan pada saat pencoblosan surat suara di TPS pada tanggal 9 Desember mendatang," himbaunya.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Bachtiar

 Susanto, Walikota Binjai diwakili Asisten II Ir Dahnial Reza, Ketua PN Binjai, Kejari Binjai, Ketua Bawaslu Arie Nurwanto, Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi, tokoh Muhamadiyah As Adinata, PD DMI Binjai, Ketua PP Kota Binjai J Payo Sitepu, Wakil Ketua IPK M Sazali, Sekjen FKPPI Erwin S, Ketua PMS Binjai Jujuren Tarigan, Sekjen HMI Kota Binjai Fahmi, tokoh FUI Syaifullah Sa'aba, tokoh BKAG St Drs Edward S, serta Ketua FKUB Binjai Ustad Ahmad Nasir.


*Berikut isi Deklarasi Damai Jaga Pilkada Walikota Binjai Tahun 2020 pada situasi Pandemi Covid-19 :*


1. Bersama sama menjaga keamanan dan ketertiban


2. Mendukung pelaksanaan TNI-Polri dan penyelenggara Pilkada Kota Binjai tahun 2020


3. Menyikapi permasalahan Pilkada Kota Binjai tahun 2020 sesuai mekanisme dan ketentuan yang diatur dengan Undang Undang


4. Menyampaikan aspirasi dan pendapat sesuai aturan perundang undangan yang berlaku


5. Kepastian penetapan Pilkada Kota Binjai tahun 2020 merujuk kepada keputusan penyelenggara Pilkada Kota Binjai tahun 2020


6. Mematuhi dan mentaati peraturan dan perundang undangan yang berlaku


7. Menghormati norma norma yang berlaku


8. Menjaga persatuan dan kesatuan


9. Mematuhi Protokol Kesehatan untuk pencegahan Covid-19


10. Tidak ada yang memakai atribut OKP dari mulai masa tenang sampai pencoblosan. (tra)