-->

Iklan

Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, Serahkan SK PIP

Senin, 21 Desember 2020, 21.39.00 WIB Last Updated 2020-12-21T14:39:51Z

 Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, penyerahan SK PIP

Binjai - Metrolangkat-binjai.com

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program yang diberikan oleh Pemerintah kepada para siswa yang kurang mampu. Bantuan ini diperuntukkan bagi siswa untuk tingkat SD, SMP, dan SMA.


Guna menjalankan Program Pemerintah tersebut, salah seorang anggota Komisi X DPR RI, yang salahsatunya mempunyai lingkup tugas di bidang Pendidikan, menyerahkan Beasiswa PIP di beberapa Sekolah yang ada di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.


Adalah, Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, yang merupakan salah seorang anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra, yang dalam kegiatan Resesnya, menyerahkan SK Beasiswa PIP di empat lokasi Sekolah yang berbeda di Kabupaten Langkat.


Adapun empat Sekolah yang dimaksud masing masing adalah di SMA 1  Padang Tualang, SMP 3 Hinai, SMA PABA Secanggang, serta SMA Bintang Langkat.


Menurut Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, penyerahan SK PIP yang dilakukan secara bertahap untuk siswa SD hingga siswa SMA, dibagikan kepada 725 Siswa yang dalam hal ini diwakili oleh orangtua/wali Siswa.


“Gunakan Program Indonesia Pintar ini sesuai peruntukannya yang berkaitan dengan Pendidikan, seperti membeli pakaian yang sudah koyak, Sepatu, dan alat Sekolah, sehingga seluruh anak dapat bersekolah sesuai dengan jenjang, jangan di belikan bunga yang lagi viral," ungkap Djohar Arifin seraya bergurau, saat berada di SMA Bintang Langkat yang berada di Jalan Arah Condong, Secanggang, Kabupaten Langkat, Senin (21/12).


Putra berdarah Melayu kelahiran Tanjung Pura, Langkat ini juga menambahkan, pemberian PIP merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan layanan pendidikan kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin ataupun rentan miskin, agar terus mendapatkan pelayanan pendidikan hingga pendidikan menengah.


Ditempat yang sama, salah satu orangtua siswa yang menerima manfaat PIP dan mengaku bernama Sumarni, mengucapkan terima kasih Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin. 


Menurutnya, Prof Djohar Arifin yang merupakan Wakil Rakyat di DPR RI, benar benar telah memjalankan amanahnya dan telah memperjuangkan serta ikut membantu orangtua siswa, sehingga Program Indonesia Pintar benar benar tepat sasaran.


"Alhamdulillah... Saya mewakili orangtua siswa, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Djohar. Semoga Bapak tetap menjalankan amanah dalam me-implementasikan PIP sehingga memudahkan akses Pendidikan bagi keluarga miskin atau rentan miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan," ucapnya seraya diaminkan oleh orangtua siswa lainnya.


Diketahui, PIP merupakan kerja sama tiga kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).


Dikutip dari laman indonesiapintar.kemdikbud.go.id, PIP melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6-21 tahun).


Bantuan tersebut diberikan kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam/musibah.


PIP sendiri dirancang untuk membantu anak-anak usia Sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.


Melalui program ini, Pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus Sekolah. Program ini diharapkan dapat menarik siswa putus Sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.


Selain itu, diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. (tra) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+