Iklan

Rabu, 02 Desember 2020, 06.00.00 WIB
Last Updated 2020-12-01T23:00:31Z
Berita Hari Ini

Soal Disdukcatpil Binjai Tutup Pelayanan, Begini Kata Sekdako

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai com


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai M. Mahfullah P Daulay S.STP, MAP, menjelaskan kronologis mengenai terjadinya penutupan pelayanan pada jam pelayanan Kantor Disdukcatpil di Ruang Kerjanya, Jalan Jendral Sudirman No 6, Senin (1/12).


Ia membenarkan hal tersebut berdasarkan laporan tim pemeriksaan khusus yang dilakukan oleh Inspektorat Kota Binjai. Dirinya juga menyampaikan bahwasanya telah terjadi penutupan pelayanan pada jam pelayanan di kantor Disdukcatpil Kota Binjai.


Menurut Mahfullah, Kadis Disdukcatpil Tobertina SH, menutup pelayanan Kantor Disdukcatpil Kota Binjai pada Pukul 14.00 Wib.

 Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Binjai langsung menindaklanjuti atas kejadian tersebut dengan membentuk tim melalui Inspektorat dengan melaksanakan pemeriksaan khusus terhadap Dinas Dukcatpil Kota Binjai.


"Inspektorat Kota Binjai telah selesai melaksanakan pemeriksaan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaaan (LHP) No. ITKO.165/LHP-K/2020/Rhs tanggal 1 Desember 2020.

 Dari LHP tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya telah terjadi pelanggaran penyalahgunaan kewenangan dengan sengaja oleh saudari Tobertina SH, selaku Kadis Dukcatpil Kota Binjai," tegas Mahfullah P Daulay.


Lebih lanjut dikatakan Mahfullah, LHP dimaksud terdiri atas fakta fakta yang ada berupa Berita Acara Pemeriksaan oleh saksi yang terdiri dari ASN yang ada di Kantor Dinas Dukcatpil berupa foto foto dokumentasi, serta video visual atas kejadian pemblokiran pelayanan dimaksud.


"Selanjutnya atas LHP tersebut, dilanjutkan dengan penjatuhan hukuman disiplin kepada saudari Tobertina SH, oleh pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan SK Walikota Binjai, Nomor 188.45-986/K/tahun 2020, tentang Penjatuhan Hukuman Disiplin tanggal 1 Desember 2020," urainya.


Berdasarkan SK Walikota Binjai, lanjut Pria yang akrab disapa "Ipong" ini,  sanksi yang diberikan merupakan masuk dalam kategori pelanggaran berat. Hal itu sesuai PP Nomor 53 Tahun 2010 .Tentang Disiplin ASN kategori pelanggaran berat di maksud berupa pembebasan jabatan Tobertina SH, selaku Kadis Dukcatpil Kota Binjai berdasarkan SK Walikota Binjai No 188.45-987/K/tahun 2020, tanggal 1 Desember 2020.

Untuk normalisasi aktifitas pelayanan Disdukcatpil Walikota Binjai H. M. Idaham SH. M. Si menunjuk salah satu pejabat eselon III pada Dinas Dukcatpil Kota Binjai sebagai Pelaksana Tugas Kadis Dukcatpill Kota Binjai sesuai SK WALIKOTA BINJAI No.188.45-988/K/Tahun 2020 tanggal 1 Desember 2020.


Lebih lanjut dikatakan Ipong, terhitung mulai besok, pemblokiran tersebut dicabut dan pelayanan masyarakat dapat beraktifitas seperti biasanya. 


"Atas hal tersebut, disampaikan juga secara resmi kepada Kemendagri, melalui Ditjend Disdukcatpil, untuk diproses selanjutnya," tegas Ipong.


Diakui Mahfullah, ia menyayangkan atas tindakan yang dilakukan oleh Tobertina SH. Ia juga menjelaskan, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh BPKPAD, bahwasanya SP2D Dinas Dukcatpil masih dalam proses sesuai ketentuan yang berlaku.


"Harus diketahui bersama, bahwasanya realisasi SP2D harus berdasarkan progres selesainya pekerjaan, kemudian batas akhir pembayaran kepada pihak ketiga selambat lambatnya pada tanggal 31 Desember setiap tahunnya. 

Sehingga atas tindakan tersebut tidak ada korelasinya dengan alasan yang disampaikan oleh saudari Tobertina SH, selaku Kadis Dukcatpil Kota Binjai dengan melakukan tindakan pemblokiran pelayanan tersebut, apalagi dampaknya sampai merugikan masyarakat," ungkapnya. 


Diakhir wawancaranya, Mahfullah menghimbau kepada masyarakat,  bahwa pelayanan Kantor Dinas Dukcatpil Kota Binjai, besok, Rabu (2/12) sudah bisa beroperasi kembali. (tra)