-->

Iklan

Hore... Di Binjai Akan Dibangun Kawasan Tanpa Padam

Senin, 04 Januari 2021, 17.40.00 WIB Last Updated 2021-01-04T10:40:10Z

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Demi menyempurnakan Program Zero Down Time (ZDT) atau Kawasan Tanpa Padam di Kota Binjai, PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah, akan membangun Gardu Hubung (GH) di Kelurahan Bandar Sinembah, Kecamatan Binjai Barat.


Hal ini disampaikan General Menejer PT PLN UIW Sumut, M Irwansyah Putra, pada kesempatan meresmikan automatisasi jaringan distribusi Kota Binjai menuju ZDT di GH, Jalan Sutomo, Tugu Binjai, beberapa waktu lalu.


Bersama Walikota Binjai, H Muhammad Idaham, M Irwansyah Putra menandatangani prasasti menandai peresmian.


Irwansyah menjelaskan, PLN melengkapi keypoint dengan Remote Terminal Unit (RTU). Dengan otomatisasi ini, proses pengoperasian, pengalihan (manuver) dan pemulihan jaringan listrik dapat dilakukan melalui dispatcher Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumut melalui sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). 


"Untuk merealisasikan Program Kawasan Tanpa Padam atau Zero Down Time (ZDT) di Kota Binjai mulai dari Tugu Binjai sampai Jalan Sudirman - Jalan Ahmad Yani - Jalan Imam Bonjol sampai Lapangan Merdeka, suplai listrik ke Gardu Hubung (GH) Binjai yang sebelumnya hanya berasal dari Gardu Induk (GI) Binjai, saat ini ditambah dari GI Payageli," ungkapnya.


 Lebih lanjut dikatakan M Irwansyah Putra, untuk menyempurnakan ZDT Kota Binjai, dibutuhkan pembangunan GH di sekitar Bandar Sinembah, Binjai Barat, serta pembangunan penyulang ekspres, baik dari GI Binjai maupun GI Payageli.


Sementara itu, Walikota Binjai menyambut baik dan mengapresiasi diresmikannya automatisasi jaringan distribusi ini. Menurutnya, keberadaan jaringan distribusi sangat penting karena berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dari Pusat listrik hingga sampai di rumah rumah dan konsumen kecil lainnya.


"Saya atasnama Pemerintah Kota Binjai menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini, yang merupakan kegiatan dari PT PLN Binjai dalam rangka menuju Kota Binjai sebagai kawasan tanpa padam," ujarnya, saat dikonfirmasi awak media, Senin (4/1).


Pemko Binjai juga mendukung apa yang dilakukan PT PLN demi kesejahteraan masyarakat di Kota Binjai. Karenanya, perlu peningkatan kemampuan petugas pelaksana, baik keterampilan teknis maupun manajemen dengan mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, sehingga pelaksanaan automatisasi jaringan distribusi dapat terlaksana dengan baik.


"Selaku Badan Usaha Milik Negara, jaringan distribusi ini merupakan salah satu komponen primer yang perlu mendapat perhatian karena berfungsi untuk menyalurkan daya listrik dari gardu induk ke transformator distribusi," pungkasnya. (tra) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+