-->

Iklan

Nunggak Sebulan, Aliran Listrik Pemkab Asahan Di Putus PLN

Jumat, 29 Januari 2021, 19.07.00 WIB Last Updated 2021-01-29T12:08:02Z

Asahan-Metrolangkat-binjai.com

Aliran listrik diseluruh perangkat daerah dan kecamatan yang ada diwilayah Pemerintah Kabupaten Asahan hampir semuanya diputus oleh pihak PLN Rayon Kisaran.


Padahal sebelumnya Pemerintah Kabupaten Asahan (Pemkab)  melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah melayangkan surat permohonan penangguhan pembayaran rekening listrik kepada pihak PLN pada awal bulan Januari 2021 kemarin.


Namun sangat disayangkan surat yang telah diajukan tidak mendapatkan respon yang baik dari pihak PT PLN Rayon Kisaran. Akhirnya pada , Jumat siang (30/1/2021) pihak  PLN Kisaran melakukan pemutusan aliran listrik diseluruh organisasi perangkat daerah dan kecamatan.


‘’Upaya permohonan penangguhan pembayaran rekening listrik telah kita sampaikan kepada pihak  PLN Rayon Kisaran. Selain itu komunikasi juga telah kita lakukan. Tapi pihak PLN tetap keras pada pendiriannya  untuk memutus semua aliran listrik yang ada diwilayah kerja Pemkab Asahan,ujar Kadis Kominfo H.Rahmad Hidayat Siregar


Rahmat mengatakan bahwa pemutusan aliran listrik  terjadi karena memang dana untuk pembayaran rekening listrik belum bisa dicairkan. Maka untuk itulah kita mohon kepada PLN untuk bersabar dan bisa memberikan penangguhan pembayaran.


Pembayaran listrik terlambat karena sistim pengelolaan keuangan daerah saat ini menggunakan aplikasi SIMDA dan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang mencakup tiga pengelolaan yaitu pembangunan daerah,informasi keuangan daerah dan informasi Pemerintah Daerah.


Menurutnya sistem ini berlaku diseluruh Indonesia dan ini menjadi keharusan tidak boleh tidak. Sistem ini terus dipantau dan diawasi dan tranparan yang paling penting. Untuk itulah kita tidak mau melanggar aturan seperti halnya pembayaran rekening listrik ini,kalau dananya belum cair gimana kita mau bayarkan, kalau sudah cair langsung kita lunaskan, ucapnya


Dan hal ini tidak terjadi di Pemkab Asahan saja,tapi diseluruh provinsi maupun kabupaten/ kota se Indonesia. Akan tetapi didaerah lain Pemerintah Daerah dan pihak PLN nya dapat berkordinasi dan bekerjasama dengan baik.


“Ya kit sangat menyayangkan apa yang dilakukan PLN Rayon Kisaran dengan memutus semua aliran listrik di Pemkab Asahan, mereka tidak memahami kondisi tata pengelolaan keuangan kita. Akibatnya sekarang layanan publik buat masyarakat Asahan terganggu”


Terkait pemutusan aliran listrik di Pemkab Asahan, Rahmat menambahkan bahwa bapak Bupati Asahan H.Surya Bsc telah mengetahuinya. Dan bapak Bupati juga mengatakan agar dapat mengikuti aturan yang ada, jangan kita melanggar aturan yang telah ditentukan,kata Rahmat.


Sementara itu pihak PT PLN Rayon Kisaran yang bertugas memutus aliran listrik di Pemkab Asahan selaku penanggung jawab Supervisor transaksi I Komang Sudiadnyana ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pemutusan aliran listrik di Pemkab Asahan, terjadi karena adanya tunggakan pembayaran rekening listrik selama satu bulan.


“Hari ini kita akan melakukan pemutusan aliran listrik di Pemkab Asahan sebanyak 40 titik yang ada di Dinas dan Kecamatan. Jika di total seluruhnya ada berkisar lebih kurang 221 juta rupiah tunggak listrik dari seluruh dinas dan kecamatan di Pemkab Asahan.


Intinya, Kita tetap bertugas stand by 24 jam,apabila rekening pembayaran listrik di lunaskan malam ini juga langsung kita sambung kembali” kata I Komang.


I Komang menambahkan, Ya memang Pemkab Asahan telah ada mengajukan surat permohonan penangguhan pembayaran rekening listrik, akan tetapi pihak cabang PLN Pematang Siantar tidak mengabulkan surat penangguhan permohonan pembayaran rekening listrik dimaksud. Ya terpaksa hari ini kami menjalankan perintah untuk segera melakukan pemutusan aliran listrik di 40 titik, terangnya.


Menurut I Komang ada beberapa dinas yang telah melunasi tunggakan listriknya  yaitu rumah dinas Bupati Asahan, Dinas P3AKB, Dinas Sosial,Dinas PUPR, kantor DPRD dan kantor camat Kisaran Barat,terang I Didampingi Agus bagian pemutusan aliran listrik(Depram)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+