-->

Iklan

PB MBN Langkat RDP Dengan Komisi D DPRD Langkat Soal Ornamem Melayu

Rabu, 20 Januari 2021, 17.04.00 WIB Last Updated 2021-01-20T10:22:55Z

Stabat-Metrolangkat-binjai.com


Pengurus Besar Majlis Belia Negeri Langkat diterima oleh Komisi D DPRD Langkat dengan menghadirkan Bappeda, Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup. 

Dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut, PB MBN Langkat memberikan masukan tentang ornamen Melayu masuk dalam desain gerbang selamat datang simpang Bupati Stabat serta akan berkomitmen mengawal persoalan tersebut hingga tuntas.


"Tadi kami sudah menyampaikan masukan tentang ornamen Melayu khas Langkat ke dinas PUPR Pemkab Langkat bersama kalimat Tabik Tuan dan Puan Di Bumi Langkat Nan Bertuah dan alhamdulillah diterima secara baik dan nanti akan di lanjutkan secara teknis ke dinas terkait," ujar Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat yang di dampingi oleh Muhammad Akbar selaku Setia Usaha Utama pada Rabu (20/01/2021).


"Kita sampaikan untuk memasukkan motif Pucuk Rebung di bagian bawah pilar gerbang sebab pucuk rebung berasal dari tanaman buluh (bambu) yang melambangkan tekad hati dalam mencapai tujuan, keberuntungan, dan harapan," lanjutnya lagi.


"Sedangkan di bagian atasnya kita usulkan motif Lebah Bergantong untuk bagian papan resplang atap gerbangnya. Motif lebah bergantong bersumber dari etnobotani Pokok Tualang, makanya ada kecamatan yang bernama Padang Tualang tapi sekarang pokok Tualang sudah hampir lenyap sebab sejak masa kolonial Belanda hutan adat Melayu Langkat di babat habis untuk di jadikan perkebunan," terangnya melanjutkan.


"Lebah ini banyak memberikan contoh kehidupan seperti memakan makanan yang bersih, memiliki sifat rajin, tidak mencari musuh tapi kalau datang tidak mengelak, hinggap di ranting yang kecil dan mengisap madu ranting tidak patah dan bunga tidak rusak, dalam kehidupannya selalu mendatangkan kebaikan. Sehingga menjadi cerminan dalam kehidupan sehar-hari," terangnya.


Madu yang dihasilkan oleh lebah mampu memberikan manfaat yang baik bagi manusia dan lebah tidak pernah meminta balasan atau imbalan apapun atas apa yang diambil oleh manusia. 


PB MBN Langkat juga ornamen tiang istana Darul Aman yang ada di MAN Tanjung Pura di usulkan dalam desain gerbang tersebut.


"Langkah berikutnya kita akan terus berkoordinasi dengan Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda Pemkab Langkat sebagai upaya mengawal perjuangan ini untuk menopang pembangunan daerah dan kemajuan kita semua di Bumi Langkat nan bertuah ini, semoga Langkat dapat bangkit sekali lagi ke arah lebih baik dimasa mendatang,"pungkasnya mengakhiri. (Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+