-->

Iklan

Waduh!!! Saat Jam Dinas, Pegawai Puskesmas Desa Lama Tak Ada di Tempat

Sabtu, 23 Januari 2021, 17.07.00 WIB Last Updated 2021-01-23T10:10:04Z

Kondisi Puskesmas Desa Lama di saat jam dinas

Sei Lepan-Metrolangkat-binjai.com

Beberapa pegawai di Puskesmas Desa Lama, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat diduga lalai atau abai dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan kesehatan masyarakat. Pasalnya, tak ada satupun pegawai yang terlihat di puskesmas itu saat awak media melakukan investigasi, Sabtu (23/1) sekira jam 13.45 WIB.


Disana, hanya ditemui seorang tenaga perawat non pegawai puskesmas bernama Sendi dan dua orang temannya. Sementara, dokter dan petugas piket lainnya tak satupun terlihat di meja pendaftaran pasien maupun pada ruangan lainnya di puskesmas itu.


"Tadi dokternya ada, mungkin dia (dokter) sedang makan siang. Kalaupun ada masyarakat yang mau berobat, saya pun bisa melakukan pelayanan. Tapi, kalau pasien yang mau berobat sakitnya lumayan parah, saya kan bisa telpon dokternya," ketus Sendi.

Namun, saat ditanya apakah perawat dibolehkan menangani pasien, Sendi hanya diam seribu bahasa. Begitu juga saat ditanya apakah dibenarkan melakukan diagnosa dan pelayanan pasien via 'On Call' (panggilan telepon), Sendi juga hanya diam seribu bahasa. "Kalau mau ditelfon, dokternya bisa datang sekarang," jawabnya bingung.


Sementara, seorang dokter yang tak ingin namanya dipublikasikan menyebutkan, bahwa pasien yang datang pertama kali ke puskesmas harus mendapatkan penanganan dari dokter.

 "Kecuali pasiennya sudah dirawat, itu baru bisa On Call kalau dokternya tidak di tempat. Dokter kan bukan dukun yang bisa melihat kondisi pasien dari jarak jauh," ungkapnya.

Nyaris tak ada seorangpun pegawai terlihat. 

Selain itu, narasumber menambahkan, bahwa setiap petugas di puskesmas sudah ada anggaran dari negara untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal. 

"Kalau gak ada yang piket di jam dinas, itu namanya pelanggaran, terlebih dimasa Covid-19 seperti ini. Sementara, anggaran untuk pelayanan mereka terima secara utuh," pungkasnya.


Kepala Puskesmas Desa Lama mengatakan, bahwa dirinyan sedang menghadiri pesta perkawinan keluarganya di Tebingtinggi. 

"Lho, tapi kan ada yang piket, dokternya mungkin sedang keluar makan. Nanti coba saya konfirmasi lagi," terangnya via pesan WhatsApp.



Di pintu masuk Puskesmas itu, dengan jelas terpampang bahwa jam pelayanan puskesmas dimulai dari Senin hingga Sabtu dari jam 08.00 - 12.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB. 

Hingga jam 14.30 WIB, dokter dan petugas piket yang dimaksud belum juga muncul untuk melakukan tugasnya untuk melakukan pelayanan kesehatan masyarakat. (Ahmad)





Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+