-->

Iklan

Warga Koptan Sepakat Mediasi Dengan PT LNK

Jumat, 01 Januari 2021, 08.30.00 WIB Last Updated 2021-01-01T01:30:45Z
Warga yang melakukan mediasi dengan pihak PT LNK

Binjai - Metrolangkat-binjai.com

Terkait adanya sengketa lahan yang selama ini terus terjadi, akhirnya PT LNK (Langkat Nusantara Kepong) Perkebunan Bekiun, bersama dengan beberapa Kelompok Tani (Poktan) Desa Beruam, Desa Besadi dan Kelurahan Pekan Kuala, sepakat untuk menggelar mediasi.


Mediasi yang dilaksanakan di Kantor Desa Beruam, tepatnya di Dusun III Simpang Besadi, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Rabu (30/12) Siang, sekira Pukul 12.00 Wib, dihadiri oleh beberapa masyarakat, diantaranya yang tergabung dalam Kelompok Tani Tanjung Balai Jaya, Dusun II Tanjung Balai, Desa Beruam, Kecamatan Kuala, Kelompok Tani Tandus Dusun I Jandi Meriah, Desa Beruam, Kecamatan Kuala, serta masyarakat dari Kelompok Tani Beruam yang berada di Dusun IV Beruam, Desa Beruam, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat.



Tidak hanya itu, beberapa masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Besadi Jaya, Desa Besadi, Kecamatan Kuala, serta Kelompok Tani Sido Selamat yang beralamat di Lingkungan VIII Sido Selamat, Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, juga ikut hadir dalam kegiatan mediasi ini.


Dalam mediasi tersebut, masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani, meminta agar pihak PT LNK Perkebunan Bekiun, menghentikan kegiatannya di areal perkebunan yang saat ini masih di sengketakan sampai ada penyelesaian permasalahan atas lahan tersebut.


"Kami menagih janji yang telah dibuat oleh pihak PTPN II dengan adanya lahan Pengganti atas lahan kami yang pada waktu lalu telah diambil alih oleh pihak Perkebunan," ungkap beberapa masyarakat dari Kelompok Tani.


Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani juga meminta agar pihak PTPN II ikut dihadirkan untuk penyelesaian permasalahan ini.


"Kami dari Kelompok Tani tidak bersedia menerima Tali Asih dari pihak Perkebunan," tegas warga lainnya.


Mediasi yang dilaksanakan hingga sore hari tersebut akhirnya mencapai beberapa kesepakatan, diantaranya :


- Pihak PT LNK Perkebunan Bekiun akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan Masyarakat Kelompok Tani Desa Beruam, Desa Besadi dan Kelurahan Pekan Kuala, pada hari Selasa, 5 Januari 2021, di Aula Kantor Camat Kuala.


- Kegiatan Posko Inventarisasi dan Tali Asih di Kantor Kebun Bekiun tetap berjalan seperti biasa.


- Pihak PT LNK Perkebunan Bekiun berjanji akan menghadirkan pihak PTPN II dalam pertemuan dimaksud.


- Apabila pihak PTPN II tidak dapat hadir sesuai point diatas, maka pertemuan akan dibatalkan dan di jadwal ulang.


Turut hadir dalam kegiatan mediasi ini, Kapolsek Kuala AKP Bevan Raga Utama, Manager PT LNK Perkebunan Bekiun Dede Rosidin SP, Asisten PT LNK Perkebunan Bekiun Anggi, Kades Beruam Muli SE, Waka Polsek Kuala Iptu Redison Ginting, Kanit Provos Polsek Kuala Aiptu Suprio, Kasie Humas Polsek Kuala Aiptu Ardiansyah, Kanit IK Polsek Kuala Aiptu S Pakpahan, serta Personil Polsek Kuala dan Personil BKO Perkebunan Bekiun.


Sedangkan dari Kelompok Tani yang hadir dalam mediasi ini diantaranya, Ketua Poktan Tanjung Balai Jaya Albert Bangun SE, Ketua Poktan Beruam Ir Zulkarnain, Ketua Poktan Besadi Ngakurken Tarigan, Ketua Poktan Sido Selamat Suyadi, serta ratusan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani. (red)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+