Iklan

Rabu, 10 Februari 2021, 19.52.00 WIB
Last Updated 2021-02-10T12:52:54Z
Berita Hari Ini

Ini Kata KPU Binjai Soal Penetapan Walikota Binjai Terpilih Pasca Wafatnya Juliadi

Berita Viral

 

Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi 


Langkat - Metrolangkat-binjai.com


Pasca meninggalnya Walikota Binjai terpilih, H Juliadi Spd. MM, ternyata banyak menimbulkan pertanyaan terkait siapa yang bakal menggantikan posisinya sebagai Walikota Binjai.


Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi ST, saat dikonfirmasi awak media terkait apakah wakil Walikota Binjai terpilih, H Amir Hamzah, yang akan dilantik menjadi Walikota Binjai, mengatakan, untuk mekanisme siapa yang akan dilantik menjadi walikota Binjai tergantung dari keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan usulan yang diberikan oleh DPRD Kota.


"Kalau untuk penggantinya itu kebijaksanaan dari Mendagri yang diusulkan oleh DPRD Kota Binjai. Apakah nanti Wakil dilantik sebagai pelaksana harian atau bagaimana itu tergantung Mendagri," jelasnya, Rabu (10/2).


Sementara itu, lanjut Zulfan, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, KPU Kota Binjai hanya sebatas melakukan penetapan usulan Walikota dan Wakil Walikota Binjai terpilih.


Selanjutnya, DPRD akan melakukan Paripurna untuk membahas Walikota terpilih dan penetapannya. Kemudian, dokumen hasil Paripurna akan diserahkan ke Mendagri.


"Nanti keputusan semuanya ada di Mendagri, apakah mau dilantik melalui Gubernur Sumut atau langsung ditangani oleh Mendagri," terangnya. (tra)