Iklan

Selasa, 02 Februari 2021, 20.55.00 WIB
Last Updated 2021-02-02T13:55:14Z
Berita Terkini

Lanjut Demo PT Sri Timur : Kalau 7 Poin Tuntutan Warga Tak Dikabulkan, Maka Kami Tak Beranjak Dari Sini

Berita Viral

 


Langkat - Metrolangkat-binjai.com


Ratusan warga Desa Sei Tualang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, kembali menggelar aksi unjuk rasa terkait adanya pelarangan warga menggembala ternak disekitar areal perkebunan PT Sri Timur, Selasa (2/2).


Dalam aksi yang banyak didominasi para kaum hawa ini, terlihat para warga tetap membawa spanduk dengan tulisan mengecam tindakan yang diambil PT Sri Timur, sembari berorasi dipinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan-Aceh, tepatnya di depan kantor Koramil 18 Brandan Barat.


Bentuk protes yang dilakukan para aksi unras (unjukrasa), sontak menjadi perhatian warga dan pengendara yang melintasi jalan tersebut.


Suharni, merupakan salah seorang orator dalam aksi tersebut kepada awak media mengatakan, ia bersama warga lainnya tetap menuntut tujuh poin yang telah dimusyawarahkan dan disepakati oleh masyarakat.


"Kalau ke tujuh poin tersebut tidak bisa di penuhi oleh pihak PT Sri Timur, maka kami warga tidak akan beranjak dari sini, biar kami tetap tidur di bawah tenda ini," ungkap Ibu tiga anak ini.


Sambungnya, jika seluruh tuntutan warga ini tidak diakomodir pihak perusahaan, maka warga akan terus melanjutkan aksi. 


"Kami minta perusahaan mendengar aspirasi masyarakat," ujarnya.


Lebih lanjut dijelaskan Suharni  permasalahan ini sebenarnya sudah dilaporkan ke DPRD Langkat dan pada tanggal 21 Januari lalu. DPRD Langkat telah melayangkan surat undangan untuk digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP), namun pihak perusahaan tidak hadir sehingga RDP gagal digelar.


Menurut sejumlah warga, pihak perusahaan tidak pernah berkodinasi dengan warga. "Kalau pun turun tidak ada yang berkompeten, kalau kita anggap PT Sri Timur arogan, berdasarkan UUD 1945 pasal 33 dan UUPA No 5 tahun 1960 kita minta Pemerintah mencabut HGU PT Sri Timur," cetus puluhan warga lainnya sembari bersorak. (tra)