-->

Iklan

Lepas Binjai Tambah Kamera CCTV Optimalkan Tugas Pengamanan

Senin, 22 Februari 2021, 19.34.00 WIB Last Updated 2021-02-22T12:34:57Z

 

Pasang CCTV di Lapas

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Binjai, terus berbenah dengan menjalankan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Reynhard Silitonga.


Arahan dimaksud adalah salah satu dari tiga kunci penting yang akan menjadikan Lembaga Pemasyarakatan semakin baik dan maju, yakni deteksi dini.


Karenanya, Lapas Binjai kemudian bergerak cepat menindaklanjuti percepatan deteksi dini tersebut. 


"Lapas Binjai telah melakukan penambahan kamera CCTV. Ini merupakan strategi yang dilakukan dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi jajaran pengamanan," kata Kalapas Binjai, Maju Amintas Siburian, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (21/2) kemarin.


Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Binjai, Rinaldo Tarigan, menambahkan, pemasangan kamera pengawas atau CCTV sudah dilakukan dengan waktu dua hari.


Pria yang juga familiar dengan awak media ini juga mengatakan, pemasangan kamera pengawas dibantu empat orang operator dari luar.


"Kita tetap berlakukan SOP memasuki areal Lapas Binjai dengan menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19," ujar Rinaldo.


Sebagai Kepala KPLP, Rinaldo juga mengatakan, kamera pengawas yang baru terpasang tersebut terhubung langsung dengan ruang kerja Kalapas dan Kepala KPLP, serta terhubung dengan pusat sistem monitoring yang berada di Kanwil Kemenkumham Sumut.


"Penambahan jumlah CCTV ini untuk memperkuat pengawasan. Dengan penambahan CCTV, petugas dapat mengontrol secara berkala situasi setiap lingkungan Lapas," urainya.


Pun demikian, lanjutnya, penambahan CCTV tersebut tidak membuat petugas melalaikan tugas dan tanggung jawab. Sebab, deteksi dini secara langsung tetap dilakukan jajaran pengamanan.


"Baik melalui razia insidentil maupun melaksanakan kegiatan rutin kontrol dan pengecekan kondisi fisik blok hunian secara langsung tetap dilaksankan," pungkas Rinaldo.


Diketahui, Lapas Binjai menambah enam titik kamera pengawas. Selain itu, Lapas Binjai juga memperbaiki kamera pengawas lama sebanyak 24 titik.


Dengan bertambahnya kamera pengawas baru, Lapas Binjai sudah dikepung dengan 30 titik. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir dan melakukan tindaklanjut langkah percepatan deteksi dini apabila terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Binjai. (red) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+