Iklan

Jumat, 12 Februari 2021, 21.51.00 WIB
Last Updated 2021-02-12T14:51:09Z
Berita Hari Ini

Umat Konghucu Binjai Tiadakan Ritual Di Vihara Sambut Imlek Tahun ini

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Memasuki perayaan Hari Raya Imlek 2572 yang jatuh pada hari Jumat (12/2) Umat Konghucu Kota Binjai, meniadakan ritual keagamaan.


Hal tersebut sesuai atas anjuran Pemerintah dan tokoh masyarakat etnis Tionghoa, khususnya umat Konghucu Kota Binjai, bahwa tahun ini meniadakan upacara ritual di Vihara/Klenteng, Melainkan ritual dilaksanakan di rumah masing masing. 


Selain meniadakan ritual di rumah ibadah, umat Konghucu Kota Binjai juga melakukan silahturahmi secara Virtual Zoom maupun Whatsapp Call. Hal ini dikatakan Awi, salah seorang masyarakat etnis Tionghoa Kota Binjai. 


"Tahun ini kami tidak melakukan ritual di Vihara, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi," terang Awi, yang juga sebagai Sekretaris PC INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa) Kota Binjai. 


Dari hasil pantauan awak media, di Kota Binjai, terlihat tidak ada kemacetan memasuki perayaan Imlek. Tampak juga di sejumlah Vihara di Kota Binjai sepi pengunjung.


Namun ada beberapa umat Budha yang melakukan ritual di Vihara dengan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Tidak hanya itu, malam perayaan hari Raya Imlek juga tidak ada pesta kembang api.


Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan wabah Virus Covid-19 yang terus menghantui masyarakat, khususnya warga Kota Binjai. (tra)