Iklan

Kamis, 18 Februari 2021, 19.57.00 WIB
Last Updated 2021-02-18T12:57:10Z
Berita Hari Ini

Ups..! Kejari Binjai Mulai Keker Pembangunan Dan Pengadaan Jalan Makalona

Berita Viral

 

Jalan Makalona yang tengah disidik Kejari Binjai


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Kota Binjai, tengah melakukan penyidikan terkait pengadaan lahan untuk pembangunan jalan lingkar Makalona.


Informasi diperoleh, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Binjai, Irwansyah, pernah menjalani pemeriksaan oleh Penyidik. Hal ini dilakukan oleh penyidik untuk mendalami dugaan korupsi pengadaan lahan tersebut. 


Saat dikonfirmasi awak media, Irwansyah, enggan berkomentar soal pemeriksaan tersebut. Meski demikian, dia memberikan keterangan terkait adanya penyidikan tersebut. 


"Itu internal mereka (pengurus tanah)," katanya saat berada di Rumah Dinas Walikota Binjai, Rabu (17/2). 


Menurut keterangan Irwansyah, Pejabat pengadaan tanah memberikan uang untuk ganti rugi kepada Ketua STM. "Sama Ketua STM diberikan. Anggarannya Rp114 Juta," ujarnya singkat.


Terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Binjai, Andri Ridwan, belum dapat memberikan keterangan lebih jauh. 

Pun begitu, dirinya membenarkan jika penyidik tengah melakukan penyidikan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Makalona.


"Masih dalam telaah penyidik. Kalau nanti masih bisa dikembalikan, kita upayakan di kembalikan (kerugian negara). Kita lihat dulu ya," kata mantan Kajari Langkat ini.


 "Kasihan juga kita. Ada BPKP (gandeng ahli untuk hitung kerugian negara). Kalau ada perkembangan, pasti diberi tau," tegasnya.


Diketahui, Jalan Makalona dibangun sebagai saran penunjang menuju Kawasan Industri Binjai. Oleh Dinas PUPR Kota Binjai, dianggarkan dana senilai Rp 40 Miliar. 

Sebab, Pemko Binjai akan membangun KIB di lahan eks HGU PTPN II seluas 132 hektar di Kelurahan Tunggurono, Kecamatan Binjai Timur. (tra)