Iklan

Selasa, 02 Maret 2021, 16.18.00 WIB
Last Updated 2021-03-02T09:18:34Z
Anak Negeri

PB MBN Hadiahkan Tanjak Warisan Kepada Bupati Langkat

Berita Viral

Bupati Langkat Terbit Rencana PA saat menerima Tanjak dari pengurus PB MBN Langkat


Stabat-Metrolangkat.com


Pengurus Besar Majlis Belia Negeri (PB MBN) Langkat menghadiahkan Tanjak kepada Bupati Langkat, Terbit Rencana PA. Selain Tanjak, PB MBN Langkat juga memberikan Piagam Ucapan Terima Kasih serta cendramata kaos dan Mug Langkat, The Heart Of Melayu atas partisipasi Bupati Langkat dalam memberikan kata sambutan pada pembukaan kegiatan seminar dan pelatihan Destar, Tanjak dan Tengkulok Alam Melayu yang dalam hal tersebut diwakilkan oleh Wakil Bupati Langkat, H. Syah Afandin, SH pada Jum'at 26 Februari 2021 yang lalu di gedung MABMI Stabat.


Kegiatan Pelatihan Pembuatan Tanjak Warisan dihadiri oleh para peserta dari berbagai daerah diantaranya Asahan, Batubara, Serdang, Sunggal dan Langkat sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan yang mengambil tajuk membangun karakter dan jati diri kemelayuan dalam mewujudkan visi organisasi menjadikan Langkat sebagai Jantungnya Rumpun Melayu.


"Sebagai bentuk penghargaan kami kepada bapak Bupati Langkat yang telah memberikan kata sambutan pada kegiatan Seminar dan Pengenalan Destar, Tanjak dan Tengkulok Alam Melayu, maka sudah selayaknya pula kami menghadiahkan Tanjak Mahkota Alam yang melambangkan pemimpin di tanah Melayu yang juga selaku kepala daerah di kabupaten Langkat ini atau istilahnya Melayu sebagai penguasa Bandar atau wilayah," ujar Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat yang di dampingi oleh Muhammad Akbar selaku Setia Usaha Utama pada Selasa (02/03/2021).


"Selain Tanjak Mahkota Alam yang dibuatkan khusus oleh Pernilam dan Perkasa Alam yang dalam hal tersebut di hadiri oleh kakanda Abu Abdillah Fahmi dan Mohd. Chogun Miyagi selaku cikgu atau tim instruktur yang mengajar dalam kegiatan Pelatihan Destar, Tanjak dan Tengkulok Alam Melayu kemarin,"lanjutnha lagi.


"Tak hanya itu, kami hadiahkan pula cendramata Kaos dan Mug Langkat, The Heart Of Melayu sebagai visi masa depan MBN Langkat dan kami berharap agar Bupati Langkat berkenan menjadikan ikon tersebut menjadi ikon Pariwisata Langkat sebagai Jantungnya Rumpun Melayu,"ungkapnya menjelaskan.


"Pemberian Piagam Ucapan Terima Kasih juga kami sampaikan kepada bapak Bupati kita atas kontribusinya memberikan kata sambutan dalam kegiatan kita pada Jumat yang lalu yang dalam hal ini di wakilkan oleh bapak Wakil Bupati Langkat, H.Syah Afandin, SH," terangnya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Langkat, Terbit Rencana PA mengucapkan terimakasih kepada PB MBN Langkat sudah memberikan hadiah Tanjak Mahkota Alam yang melambangkan sebagai pemimpin, penguasa bandar atau wilayah serta Cendramata Langkat, The Heart Of Melayu yang artinya sebagai jantungnya rumpun Melayu dalam bentuk kaos dan mug.


 Agusma menjelaskan bahwa lambang kapal berkepala naga tersebut melambangkan sebagai pengusa lautan yang bernama Jongkong yang pernah di bina di galangan kapal yang di bangun Tan Jabbar dan Tan Husen tepatnya di Kampung Paya Jongkong dan di Kampung Inai Lama.


Kapal tersebut pernah berjaya dimasa lalu yang memiliki dua jenis yaitu kapal dagang dan kapal perang sebab Melayu memiliki tradisi berniaga, anak dagang dan tradisi berperang.


Agusma Hidayat selaku Wali Utama PB MBN Langkat dalam hal tersebut, meminta langsung kepada Bapak Bupati Langkat jika beliau berkenan agar lambang Langkat, The Heart Of Melayu dapat menjadi ikon pariwisata Kabupaten Langkat dimasa mendatang. 


"Ya nanti kita sampaikan kepada Dinas Pariwisata agar di tindak lanjuti", ujar Terbit Rencana PA selaku Bupati Langkat di hadapan PB MBN Langkat.


"Tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Pembuatan Tanjak kemarin akan kita tindak lanjuti dengan mengembangkan jenis Tanjak Warisan yang sudah di ajarkan kepada kami,"sambungnya Agusma melanjutkan.


"Kami berencana akan melaksanakan Pelatihan Tanjak Warisan tingkat lanjutan dengan mengundang Dr. Johan Iskandar dari Akademi Seni Warisan Tradisional Alam Melayu dan Pernilam untuk meningkatkan kualitas kemampuan SDM Kepemudaan Melayu khususnya di negeri Langkat dalam rangka melestarikan Destar, Tanjak dan Tengkulok Warisan di Bumi Langkat nan bertuah dimasa kini dan mendatang," pungkasnya mengakhiri. (Red)