Iklan

Jumat, 19 Maret 2021, 20.46.00 WIB
Last Updated 2021-03-19T13:46:20Z
Hukum dan kriminal

Polsek Binjai Kota Ungkap Kasus Curanmor

Berita Viral


 Binjai- Metrolangkat-binjai.com


Dalam rangka Operasi Sikat Toba 2021 Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Kota, Polres Binjai, berhasil mengungkap kasus pencurian Sepeda Motor, Jumat (19/3) Siang, sekira Pukul 14.30 Wib.


Adapun pelaku dalam kasus pencurian Sepeda Motor tersebut adalah Doni Kesuma (18) warga Jalan Cempaka No 26, Lingkungan VIII Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Binjai Utara. Ia diamankan berdasarkan laporan Polisi nomor : LP/09/II/2021/SPK/Binjai Kota, tanggal 23 Februari 2021.


Untuk tempat kejadian dalam kasus ini yaitu di Jalan Tamtama, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, tepatnya pada hari Senin (22/2) sekira Pukul 06.00 Wib. Sedangkan Korban dan juga pelapor yaitu Randy Wardana Tarigan (21) warga Jalan GB Yosua No 77A, Kelurahan Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara.



Selain mengamankan pelaku, Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) bilah Pisau dengan panjang kurang lebih 30 Cm bergagang besi, 1 (satu) buah Kunci berbentuk huruf Y, 1 (satu) buah besi yang diruncingkan ujungnya dengan panjang kurang lebih 10 Cm yang dimasukkan kelobang kunci Y guna membuka kunci kontak Sepeda Motor, 1 (satu) buah Obeng yang dililit kain, 1 (satu) buah Tang warna putih, 2 (dua) buah Plat BK 6570 RAR yang dibuang pelaku di perladangan jagung di Tunggurono, serta 1 (satu) helai Baju Jaket warna merah yang di beli dari uang hasil penjualan Sepeda Motor.


Menurut informasi yang berhasil dirangkum awak media, kejadian berawal pada hari Minggu (21/2) sekira Pukul 16.00 Wib, dimana pelapor (Rendy Wardana Tarigan) saat itu berada di kosnya yang berada di Blok E, Jalan Tamtama, Lingkungan IV Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, memarkirkan Sepeda motor Honda  Beat warna hitam, BK 6570 RAR miliknya, di depan kosannya dalam keadaan Stang terkunci.


Keesokan harinya, tepatnya pada hari Senin (22/2) sekira Pukul 06.00 Wib, pelapor bangun tidur. Saat membuka pintu, ia terkejut karena Sepeda Motor miliknya hilang. Atas kejadian itu, korban pun membuat pengaduan ke Polsek Binjai Kota.


Menindaklanjuti laporan korban, Polisi mulai mencari keberadaan Pelaku pencurian. Akhirnya, pada hari Jumat (19/3) sekira Pukul 14.30 Wib, Opsnal Unit Reskrim Polsek Binjai Kota yang dipimpin oleh Kanit Res Ipda Rudi Simatupang, beserta anggota, mendapat informasi dari masyarkat bahwa pelaku Pencurian Sepeda Motor, sedang berada di Jalan Danau Poso, Kecamatan Binjai Timur.


"Atas informasi tersebut, Unit Reskrim Polsek Binjai Kota yang di pimpin oleh Ipda Rudi Simatupang,  langsung menuju Jalan Danau Poso. Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap Pelaku, namun pelaku Doni Kesuma alias Pelak, melakukan perlawanan dan mau melarikan diri sehingga diberikan tembakan peringatan ke udara. Begitu pun, pelaku tetap melarikan diri sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku dengan menembaknya satu kali dan mengenai kaki sebelah kiri," tegas Kasubbaghumas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting, saat dikonfirmasi awak media terkait penangkapan pelaku.


Guna menyelamatkan pelaku, lanjut Siswanto Ginting, Petugas kemudian membawanya ke RSUD Djoelham Binjai, guna mendapatkan perawatan medis. "Kini pelaku sudah dibawa ke Polsek Binjai Kota, untuk diproses selanjutnya," ungkap Siswanto. (tra)