Iklan

Sabtu, 17 April 2021, 22.49.00 WIB
Last Updated 2021-04-17T15:51:26Z
Berita Hari Ini

Alhamdulillah... Rumah Korban Kebakaran di Sei Bilah Sudah Dibangun

Berita Viral

Camat Sei Lepan Muhammad Iqbal Ramadhan SE bersama warga Sei Bilah


Sei Bilah-Metrolangkat-binjai.com


Sedikitnya, empat dari total 13 rumah warga di Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat yang ludes terbakar pada pertengahan Maret 2021 kemarin, kini sudah dibangun. Lima rumah lagi ditargetkan akan rampung dibangun dan dapat segera dihuni sebelum lebaran Idul Fitri mendatang.


Hal itu disampaikan Camat Sei Lepan Muhammad Iqbal Ramadhan SE via telepon selulernya, saat meninjau pekembangan pembangunan rumah koban kebakaran tersebut. "Alhamdulillah sudah empat rumah yang selesai dibangun. Pengerjaannya sudah dilakukan sejak sekitar tiga minggu yang lalu," ungkap Iqbal, Sabtu (17/4) sekira jam 22.00 WIB.


Tak hanya itu, tiga unit rumah yang mengalami rusak ringan akibat insiden kebakaran tersebut, sebahagian sudah direhab dan hingga kini masih dalam proses pengerjaan, agar bisa segera dihuni oleh korban. "Targetnya, sembilan rumah yang ludes dan tiga rumah yang rusak ringan, akan rampung sebelum lebaran nanti," sambung Iqbal.



#Donasi Terkumpul Rp148 juta

Dalam pembangunan dan rehab rumah para korban kebakaran itu, tak terlepas dari uluran tangan dari para donatur yang perduli dengan nasib warga di sana. Selain dari warga sekitar dan Pemprovsu, Bupati Langkat Terbit Rencana PA juga turut memberikan bantuan agar pembangunan rumah tersebut bisa segera diselesaikan.


"Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada dinatur, baik dari warga, Pemprovsu dan pak Bupati Langkat. Semoga, di bulan yang baik ini, Allah membalas semua kebaikan yang sudah diberikan untuk meringankan beban warga di Sei Bilah ini. Insya Allah, Selasa nanti Pemprovsu akan mulai bangun lima rumah lagi," pungkas iqbal


#Tinggal Sementara di Ruko 

Bagi korban kebakaran yang rumahnya belum dibangun, untuk sementara tinggal di rumah keluarganya masing-masing. Namun, ada beberapa warga yang tinggal di sebuah ruko di daerah Sei Bilah, milik salah seorang dermawan di sana.


Salah seorang warga Sei Bilah yang mengaku bernama Fariz, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh para donatur. Dirinya juga mengapresiasi kinerja Camat Sei Lepan, yang sangat antusias terhadap pembangunan rumah warganya atas musibah kebakaran tersebut.


"Terimakasih kepada para donatur dan pak Bupati Langkat, atas kepeduliannya terhadap nasib korban kebakaran di sini, serta kepedulian Camat Sei Lepan yang terus monitor pembangunan rumah di sini, hingga malam hari," pungkas Fariz.


Sebelumnya, edikitnya 13 unit rumah terbakar di Jalan Sei Bilah Lingkungan III, Kelurahan Sei Bilah, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat hangus terbakar, Sabtu (13/3) sekira jam 03.00 WIB dinihari, diduga akibat kelalaian salah seorang warga disana yang memiliki kebiasaan menggunakan anti nyamuk bakar secara berlebihan di rumahnya.


Kapolsek Pangkalan Brandan AKP PS Simbolon menjelaskan, sumber api pertama kali berasal dari rumah Arfan (41) yang diketahui memgalami gangguan jiwa. "Arfan itu selalu masang anti nyamuk secara berlebihan, dari rumahnya sumber api itu," Kata dia via telepon selulernya.


Karena bahan rumah di sana banyak dsri kayu, lanjut PS Simbolon, api yang membakar rumah Arfan dengan cepat merembet ke rumah warga lainnya yang letaknya saling berdekatan. Api pun tak terkendali, dalam tempo lebih kurang dua jam 13 rumah terbakar. "Rumah yang hangus 9 unit atau 10 KK dan yang terbakar ringan tiga unit. Jadi totalnya 13 unit," lanjutnya


Selain upaya warga memadamkan api dengan alat seadanya, enam unit mobil pemadam kebakaran (damkar) turut berjibaku untuk 'menjinakkan' dan memadamkan api di sana. Tiga diantaranya berasal dari Pemkab Langkat, dua dari Pertamina Bransan dan satu unit dari Pertamina Pangkalan Susu. (Ah)