Iklan

Selasa, 20 April 2021, 04.04.00 WIB
Last Updated 2021-04-19T21:04:34Z
Hukum& Kriminal

Bobol Rumah Zainab,Syaiful Puasa Dipenjara

Berita Viral
Syaiful Amri pelaku pencurian yang diamankan Petugas.


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Lagi, Polsek Binjai Barat, Polres Binjai, berhasil mengamankan seorang warga yang diduga sebagai pelaku Tindak Pidana Pencurian, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (1) dari KUHPidana, Senin (19/4) Dinihari, sekira Pukul 03.30 Wib.


Adapun pelaku yang diketahui bernama Syaiful Amri alias Ipul (37) warga Jalan Letjend Umar Baki, Lingkungan I Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat, diamankan Polisi berdasarkan LP/ 17  /II/2021/SPKT/Binjai Barat, tertanggal 25 Pebruari 2021.


Sedangkan korban dalam Tindak Pidana Pencurian yang terjadi pada Minggu (7/2/21) dinihari, sekira Pukul 01.00 Wib, di Jalan Manggis, Lingkungan II Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat ini diketahui bernama Zainabsiah (48) warga Jalan Letjend Umar Baki, Lingkungan II Kelurahan Limau Sundai, Binjai Barat.


Menurut Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melalui Kasubbaghumas, AKP Siswanto Ginting, kejadian berawal pada hari Minggu (7/2/21) sekira Pukul 01.00 Wib, dimana saat itu Korban pulang dan sudah mendapati rumahnya telah dibobol pencuri dengan cara merusak jendela.


Mendapati rumahnya dibobol maling, kata Siswanto Ginting, korban pun langsung memeriksa isi rumahnya untuk memastikan harta bendanya yang raib dibawa pencuri.


"Saat di cek, ternyata beberapa barang milik korban hilang dibawa maling, diantaranya 2 Unit camera CCTV merk SDC, 1 set mesin camera dalam CCTV, 1 buah tabung gas 15 kg serta 2 buah tabung gas 3 Kg, uang kontan senilai Rp 400.000 dan Sandal 2 bungkus @ 10 Pasang," ujar Siswanto Ginting.


Akibatnya, lanjut Perwira pertama Polisi ini, korban yang juga menjadi Pelapor mengalami kerugian sekira Rp 8.000.000 (Delapan Juta Rupiah).


"Atas kejadian tersebut, pelapor merasa keberatan dan selanjutnya membuat laporan Pengaduan ke Polsek Binjai Barat, guna diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," ungkap Siswanto.


Penyelidikan pun terus dilakukan Polisi. Terbukti, setelah beberapa bulan kemudian, akhirnya Unit Reskrim Polsek Binjai Barat, berhasil mengantongi identitas Pelaku.


Tak ingin menunggu lama, Polisi pun melacak keberadaan Pelaku. Akhirnya, Kanit Reskrim Polsek Binjai Barat, Ipda HM Firdaus, mendapat informasi dari sumber yang dapat dipercaya bahwa seorang pria yang diduga sebagai Pelaku pencurian tersebut, sedang berapa Pasar Tavip, Kecamatan Binjai Kota.


"Atas perintah Kapolsek Binjai Barat, Kanit Reskrim beserta team opsnal, langsung meluncur ke objek yang dimaksud dan mengamankan terduga pelaku," kata AKP Siswanto Ginting.


"Pada saat diinterogasi, pelaku mengakui perbuatannya dan barang barang yang di curinya sudah di jual dengan pembeli barang bekas (Botot) yang kerap melintas," sambung Siswanto.


Kini, Polisi terus mengejar barang bukti hasil pencurian tersebut. Sebab, usai diamankan, Polisi tidak berhasil menemukan barang bukti apapun.


Sementara itu, untuk proses hukum lebih lanjut, Pelaku akhirnya dibawa ke Mapolsek Binjai Barat. (Tra)