-->

Iklan

Program Prioritas, Wabub Asahan Sebut Pemkab Rencana Bangun BLK

Rabu, 07 April 2021, 12.03.00 WIB Last Updated 2021-04-07T05:03:52Z

Asahan-Metrolangkat-binjai.com


Pemerintah Kabupaten Asahan berencana segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK),  Tujuannya supaya para calon pencari kerja di Kabupaten Asahan memiliki kemahiran atau keterampilan sesuai bidang bakat di miliki masing-masing tenaga kerja.


Hal itu diucapkan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin saat berkunjung ke BBPLK Medan pada Selasa semalam (6/4/2021)


Menurut Wabup Taufik semua ini harus segera direalisasikan seiring banyaknya perusahaan  yang hadir di Kabupaten Asahan. Maka untuk menyikapinya Pemkab Asahan  segera akan membangun sebuah tempat untuk melatih para calon tenaga kerja dengan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten  Asahan.


"Pembangunan Balai Latihan Kerja maksudnya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dan memiliki keahlian di bidangnya sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera Yang Religius dan Berkarakter



Masih dikatakannya, sebab saat ini banyak angkatan kerja lulusan SMP & SMA sederajat, sementara persaingan dunia usaha cukup ketat. Sehingga banyak diantara para pencari kerja akhirnya tidak diterima di pasar kerja, karena kompetensi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan tidak sesuai" kata Taufik


Jadi untuk mengatasi hal itu, salah satu langkah yang akan ditempuh Pemkab  Asahan  adalah mendirikan BLK. Hal ini agar pencari kerja mendapatkan pelatihan sesuai dengan kebutuhan pasar yaitu pekerja yang berkompetensi.


“Bila BLK sudah berdiri nanti akan banyak pelatihan yang disediakan dan kemungkinan akan mengadopsi hasil negara-negara maju, misalnya program yang disediakan meliputi in house training dan on the job training untuk kejuruan, mesin industri, elektronika industri mekatronika dan sebagainya.


Kemudian setelah dibekali pelatihan pekerja yang kompetensi dan memenuhi kualifikasi para pekerja tersebut akan memiliki sertifikasi  khusus.  Sehingga nilai kompetensinya akan dihargai dengan jelas dan legal" beber Taufik


Sementara Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali, saat menyambut kehadiran Wakil Bupati menyampaikan dukungan sepenuhnya niat Pemkab Asahan untuk membangun BLK di Kabupaten Asahan. (Depram)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+