-->

Iklan

PSKB Seleksi Pemain U-15 & U-17

Rabu, 07 April 2021, 17.22.00 WIB Last Updated 2021-04-07T10:23:55Z

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Permainan Sepakbola sudah menjadi salah satu olahraga yang populer dan banyak sekali peminatnya di Indonesia. Jadi tidak heran kalau kita bisa dengan mudah menjumpai tempat pelatihannya di hampir setiap Kota.


Selain itu, sepakbola juga kerap dipertandingkan dalam sebuah kompetisi, baik itu di tingkat Kabupaten Kota, maupun Nasional. Hal ini tentu membuat para pemain menjadi semakin giat berlatih guna meningkatkan kemampuan mereka masing masing.


Seperti halnya kesebelasan sepakbola asal Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, yaitu PSKB (Persatuan Sepakbola Kota Binjai). Walau sempat Vakum dalam waktu yang lumayan lama, kini klub sepakbola kebanggaan Kota Rambutan yang sempat merasakan masa keemasannya tersebut, kembali eksis dibawah kepemimpinan Sofyan Syahputra Siregar.


Menurut Sofyan, guna menghidupkan kembali PSKB, ia bersama pengurus lainnya sudah melakukan seleksi pemain untuk U-15 dan U-17 beberapa waktu lalu.


"Untuk seleksi pemain U-15 dan U-17, sudah kita laksanakan. Ada beberapa Sekolah Sepakbola (SSB) yang ikut ambil bagian dalam seleksi ini," ujar Sofyan Syahputra Siregar, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (7/4) Siang, sembari mengatakan jika seleksi para pemain tersebut sudah selesai sekitar tiga pekan yang lalu.


Dipercaya sebagai Ketua Umum PSKB sejak tahun 2017 lalu, Sofyan juga berharap agar Tim sepakbola kebanggan masyarakat Kota Binjai ini dapat kembali bersinar saat merumput dilapangan hijau.


"Bagi kami untuk saat ini yang terpenting adalah pembinaan usia dini. Kedepan InsyaAllah akan kita siapkan untuk mengikuti Piala Suratin Cup.


Mohond dari masyarakat Binjai ya," kata Sofyan, seraya mengatakan, untuk pembinaan, pihaknya menggandeng beberapa tim pelatih khusus dari SSB yang ada di Kota Binjai, sebab sinergitas sangat dibutuhkan dalam menangani tim sepakbola.


Sedangkan untuk lokasi latihan menurut Sofyan, PSKB menunjuk beberapa lapangan sepakbola yang ada di Kota Binjai untuk mengasah skill para pemain. "Untuk tempat latihannya yaitu di lapangan Kebun Lada dan Stadion Binjai," ujarnya.


Agar para pemain dapat berlatih dengan maksimal dan tepat waktu, lanjut Sofyan, pihaknya sudah meminta ijin kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Binjai, agar mempunyai Sekretariat di Stadion Binjai.


"Tujuannya agar para pemain bisa berlatih dengan maksimal karena lapangannya pun dekat dari Kantor. Sebab PSKB mempunyai anak didik sebanyak 66 orang, dengan rincian untuk U-15 dan U-17, masing masing sebanyak 33 orang," beber Sofyan.


Sofyan juga menegaskan, untuk membina sebuah klub olahraga seperti sepakbola, ia tidak menampik jika pihaknya memerlukan sponsor ataupun Support dari masyarakat, khususnya warga Binjai. "Artinya tidak hanya materi saja, support dan dukungan serta doa dari masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mengangkat moral dan menambah semangat para pemain," urainya.


Pria yang selalu akrab dengan awak media ini juga menambahkan, hadirnya sosok seorang pecinta sepakbola seperti Djohar Arifin Husin (Mantan Ketum PSSI) yang kini duduk di Komisi X DPR RI dengan lingkup tugas salah satunya adalah olahraga, juga bisa menambah semangat dan motivasi bagi para pemain.


"Tentunya kami memerlukan sesepuh untuk membina klub sepakbola ini. Untuk itu, kami berharap kepada Bapak Djohar Arifin, agar dapat memperhatikan sepakbola, khususnya PSKB yang menjadi tim kebanggaan warga Binjai," harap Sofyan, seraya diaminkan beberapa pengurus PSKB.


Disinggung program apa yang saat ini sedang dilakukan pengurus untuk para pemain sepakbola usia dini yang tergabung di PSKB, pria yang juga berprofesi sebagai salah seorang ASN di lingkungan Pemko Binjai ini agak sedikit malu untuk menjelaskannya.


"Kita saat ini sedang membangun. Nanti setelah berjalan, baru bisa kita ikutkan dalam sebuah turnamen resmi," ujarnya, seraya tersenyum kecil.


Dipercaya sebagai Ketua Umum PSKB, Sofyan juga mengaku bangga dengan adanya antusias para pemain usia dini yang ingin bergabung di organisasi yang dipmpinannya.


"Suatu kebanggan buat kami karena mereka (para pemain sepakbola-red) yang masih berusia remaja dapat menyalurkan bakatnya dibidang olahraga, khususnya sepakbola. Yang tidak kalah pentingnya juga melaksanakan hal hal yang positif sehingga tidak terjerumus dalam narkoba. Kepada para pemain, saya juga selalu berpesan agar selalu rajin berlatih dan belajar, sehingga kemampuan dapat terus diasah," tegas Sofyan dihadapan awak media.


Diakhir ucapannya, Sofyan mengakui jika Walikota Binjai dengan pihaknya sudah berkomitmen untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di Stadion Binjai.


"Alhandulillah kami sudah ada komitmen dengan Walikota Binjai. Untuk saat ini biaya pengeluaran dana seperti latihan, kami dari pengurus dan Askot, bersama sama untuk memikirkannya. Askot sangat berperan penting dalam hal ini," demikian kata Sofyan diakhir pembicaraannya, seraya menegaskan jika PSKB saat ini sudah terdaftar menjadi anggota PSSI Sumut.


Diketahui, sesuai rencana, sore ini kesebelasan PSKB U-15 dan U-17 akan melakukan uji tanding kesebelasan KKBO Binjai. Kegiatan yang akan dimulai pada Pukul 15.00 Wib akan digelar di Stadion Binjai, yang beralamat di Jalan Olahraga, Kecamatan Binjai Timur.


PSKB saat ini juga ditangani oleh beberapa pelatih lokal, diantaranya Yudhi, Yandi, Putra, serta Pipit yang dipercaya sebagai pelatih kiper/penjaga gawang.


Kini, warga berharap semoga tim sepakbola kebanggaan masyarakat Kota Binjai ini dapat kembali bersinar seperti dimasa keemasannya dulu, sehingga diperhitungkan sepakbola Indonesia, khususnya di Sumatera Utara.


Tidak hanya itu, warga juga mendoakan agar para pemain PSKB Junior saat ini dapat bersinar kedepannya seperti para pendahulunya, diantaranya Zulkarnaen Lubis, Azwardin Lubis, Feri Sandria, Nasrul Koto, Markus Horison dan masih banyak lagi lainnya. (Tra)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Nasional

+