Iklan

Rabu, 14 April 2021, 17.37.00 WIB
Last Updated 2021-04-14T10:37:15Z
Berita Hari Ini

Satgas Pangan Kota Binjai Sidak Pusat Pasatlr Tradisional Dan Modern

Berita Viral

Satgas Pangan Kota Binjai saat lakukan Sidak ke Pasar

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Binjai, akhirnya melakukan peninjauan atau Sidak (Inspeksi mendadak) ke Pusat Pasar Tradisional dan Pusat Pasar Modern yang ada di Kota Binjai, Senin (12/4) kemarin.


Hasilnya, dari 11 bahan pokok untuk masyarakat, khususnya warga Binjai, saat ini tercukupi dan aman untuk beberapa hari kedepan.


Amannya stok bahan pokok untuk warga Binjai dalam beberapa hari kedepan tersebut dibenarkan oleh  Sekretaris Tim Satgas Kota Binjai, Drs H Binawan. Ia juga menegaskan, dalam peninjauan itu, Tim Satgas Pangan Kota Binjai meninjau 6 titik lokasi (Pasar Modern dan Tradisional) yang ada di Kota Binjai.


"Alhamdulillah...Tim Satgas Pangan Kota Binjai sudah melaksanakan peninjauan ke pasar tradisional dan pasar modern untuk memastikan stok dan ketersediaan 11 bahan pokok masyarakat aman menjelang bulan suci Ramadhan 1442 H. Hasilnya, kebutuhan pangan tersedia dengan cukup saat bulan Ramadhan," ucap Binawan, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (14/4) Siang.


Pun begitu, lanjut Binawan, dikarenakan masuknya Bulan Suci Ramadhan, maka daya beli masyarakat mulai tinggi. "Ada sedikit kenaikan harga di pasar Tradisional saat jelang Ramadhan kemarin, seperti naiknya harga daging sapi berkisar Rp 10 ribu dari harga biasa," urainya.


Kenaikan harga daging Sapi menurut Binawan, juga dibarengi dengan naiknya beberapa kebutuhan lainnya, seperti Telur, Bawang Merah, Bawang Putih dan Cabai Merah. "Tapi naiknya cuma sedikit," ungkap mantan Kasatpol PP Kota Binjai ini, seraya mengatakan, intinya stok kebutuhan di Kota Binjai relatif aman dan cukup tersedia, baik sayur mayur atau kebutuhan pokok lainnya.


Dalam peninjauan itu,  lanjutnya, Tim Satgas Pangan Kota Binjai juga melakukan peninjauan ke Suzuya Plaza. Hasilnya, pihak Suzuya sudah melakukan penindakan Preventif, karena sudah mengasingkan barang barang yang sudah habis masanya (kadaluarsa). Bahkan, barang barang yang sudah tidak layak jual atau pun kemasannya yang sudah rusak, sudah ditarik dari peredaran.


"Mereka sudah mempunyai sistem itu dan kami juga sudah menekankan untuk Pasar modern agar lebih aktif dan lebih fokus lagi, karena ini memasuki Bulan Suci Ramadhan," terangnya.


Pria yang dipercaya sebagai Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemerintah Kota (Pemko) Binjai ini juga menjelaskan, selain meninjau Pusat Pasar, Tim juga melakukan peninjauan di gudang Beras dan gudang Gula yang berlokasi di Kelurahan Pahlawan, Kota Binjai.


"Dari informasi dan juga hasil peninjauan langsung ke lokasi, kami dapatkan bahwa stok beras dan gula aman untuk Kota Binjai," beber Binawan diakhir pembicaraannya. (Tra)