Iklan

Jumat, 28 Mei 2021, 17.11.00 WIB
Last Updated 2021-05-28T10:11:48Z
Metro Binjai

3.151 Keluarga Penerima Manfaat DiBinjai Ambil Kartu

Berita Viral

 

Warga mengantri untuk mengambil kartu KKS bantuan non pangan.


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dihari terakhir pengambilan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perluasan di Kota Binjai, Jumat (28/5) tercatat sebanyak 3.151 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berhak untuk menerimanya.


Hal itu dikatakan oleh Plt Kepala Dinas Sosial Kota Binjai Bambang Lestrika Budimayansyah, ST. MA.P, saat dikonfirmasi awak media diruangannya yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Jumat (28/5) Sore.


"Sebanyak 3.151 orang berhak untuk menerima pembagian perluasan KKS program BPNT/Sembako tahun 2020. Untuk pelaksanaannya dilaksanakan aula Dinas Sosial Kota Binjai," ungkap Bambang Lestrika.


Menurutnya, jadwal pembagian perluasan KKS program BPNT/Sembako tahun 2020 ini dimulai sejak Senin (17/5) lalu. Sedangkan jadwalnya mulai hari, jadwal dan jamnya sudah disesuaikan dengan Kelurahan masing masing yang ada di Kota Binjai.


"Sudah kita jadwalkan berdasarkan Kelurahan masing masing. Kami juga menghimbau kepada penerima pembagian perluasan KKS program BPNT/Sembako tahun 2020, untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan dan disiplin 3M dimasa Pandemi Covid ini," ungkap Bambang Lestrika.


Pun begitu, lanjut Bambang, walau hari ini merupakan hari terakhir bagi penerima bantuan, namun bagi warga yang ketinggalan, masih bisa diperbolehkan untuk datang ke Aula Dinas Sosial Kota Binjai pada hari Senin (31/5).


 "Bagi penerima yang sudah melewati jadwal, nantinya kita musyawarahkan lagi dengan pihak Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang ditunjuk, yaitu dari Bank Negara Indonesia (BNI). Silahkan datang hari Senin besok ya," ucap Bambang.


Pria berpostur tinggi ini juga menambahkan, bagi penerima bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perluasan di Kota Binjai, adapun bantuan yang diberikan adalah dalam bentuk Sembako dengan nominal Rp 200.000 (Dua Ratus Ribu Rupiah). 


"Bantuannya dalam bentuk Sembako senilai Rp 200.000. Jenis sembakonya berupa Beras, Telur dan Kacang Tanah. Jadi tidak seperti PKH yang bisa ditukar dengan uang," beber Bambang, sembari mengatakan, bagi para penerima bantuan, wajib mempunyai rekening Bank yang ditunjuk oleh Himbara, yaitu BNI.


Disoal darimana data nama nama penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perluasan tersebut, pria yang terlihat akrab dengan awak media ini menegaskan bahwa data tersebut bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


"Untuk data namanya bersumber dari DTKS. Dari data tersebut, selanjutnya dikordinir melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di tingkat Kelurahan," urai Bambang Lestrika, seraya menambahkan bantuan ini merupakan yang pertama di Kota Binjai untuk tahun ini.


Sebagai Plt Kepala Dinas Sosial Kota Binjai, Bambang Lestrika juga menghimbau kepada para penerima bantuan, usai menerima KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dari Perbankan, selanjutnya akan dilakukan proses gesek dimasing masing agen untuk diberikan bantuan dalam bentuk pangan seperti Beras, Telur dan Kacang Tanah.


Sementara itu, Ibu Marni, warga Kelurahan Kebun Lada, mengaku hari ini mengambil Kartu Keluarga Sejahtera di Aula Dinas Sosial Kota Binjai, berharap kepada Pemerintah, dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, agar program Bantuan Sosial dapat disalurkan demi keberlangsungan hidup warga.


“Semoga Pemerintah bisa terus memperhatikan masyarakatnya dimasa Pandemi ini," ujarnya, sembari mengatakan, bantuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi dirinya dan penerima bantuan lainnya. (Put)