Iklan

Kamis, 20 Mei 2021, 20.13.00 WIB
Last Updated 2021-05-20T13:13:26Z
Hukum dan kriminal

Dua Pencuri Ini Diamankan Polisi Setelah Terekam CCTV

Berita Viral

Kedua pelaku Pencurian yang diamankan


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Binjai Barat, Polres Binjai, berhasil mengamankan dua orang pria yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian, Kamis (20/5) sekira Pukul 14.30 Wib.


Pengungkapan kasus tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 Ayat (1) dari KUHPidana tersebut berdasarkan laporan Polisi  LP/ 34  / V /2021/SPKT/Binjai Barat, tanggal 4 Mei 2021.


Adapun para pelaku dalam kasus yang terjadi pada Senin (3/5) sekira Pukul 08.00 Wib, di tempat penitipan Abu Jenazah etnis Tionghoa yang berada di Jalan Rukam No 83 Kelurahan Bandar Sinembah, 


Kecamatan Binjai Barat ini adalah Suratman aias Man (37) warga Dusun Mawar, Desa Padang Brahrang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, serta Rudi alias Bolang (25) warga Jalan Rukam, Kelurahan Bandar Sinembah, Kecamatan Binjai Barat.


Sedangkan korban dalam kasus ini ialah Manek (60) warga Jalan Mayjend Sutoyo, Gang Bali Indah, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Binjai Barat.


Menurut informasi yang diterima redaksi, kejadian bermula saat salah seorang saksi yang diketahui bernama Michael Torry, sedang membersihkan kotak amal di Kelentang yang berada di TKP.


Bersamaan dengan itu, saksi melihat kunci kotak amal yang ada di Kelenteng tersebut sudah rusak. Karena tidak ingin dipersalahkan, saksi tersebut pun langsung memberitahukan kepada korban.


Guna mengetahui siapa pelaku pencurian tersebut, akhirnya korban dan saksi pun membuka CCTV. Dari situlah terlihat pelaku berjumlah dua orang yang salah satu diantaranya mereka kenal.


Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melalui Kasubbaghumas AKP Siswanto Ginting, saat dikonfirmasi awak media membenarkan adanya penangkapan terduga pelaku pencurian tersebut.


Menurutnya, pelaku dapat diketahui setelah saksi dan korban memutar CCTV, sehingga para pelaku dapat diketahui. Bahkan salah satu dari dua pelaku, yaitu Suratman alias Man, sudah dikenal oleh mereka.

 an. SURATMAN Als. MAN beserta 1 org temannya yg melakukan pencurian itu. 


"Benar. Kerugian akibat kasus tersebut lebih kurang sekitar Tiga Juta Rupiah," ucap Siswanto Ginting, seraya mengatakan, atas kejadian tersebut, pelapor merasa keberatan dan membuat laporan pengaduan ke Polsek Binjai Barat.


Usai beberapa Minggu dilakukan penyelidikan, akhirnya Petugas Kepolisian dari Unit Reskrim Polsek Binjai Barat, mengantongi identitas para pelaku.


Tak menuggu lama, Kanit Reskrim Polsek Binjai Barat, Ipda HM Firdaus, mendapat informasi dari sumber yang dapat dipercaya, bahwa seorang pria yang diduga sebagai Pelaku pencurian tersebut, sedang berada di Simpang Jalan Kenanga, Desa Padang Brahrang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.


Akhirnya, atas perintah Kapolsek Binjai Barat AKP Slamet Riyadi, memerintahkan Kanit Reskrim Ipda HM Firdaus, beserta team opsnal reskrim, agar langsung meluncur ke objek yang dimaksud dan benar bahwa seorang pria yang diduga kuat pelaku pencurian tersebut sesuai dengan hasil lidik di lapangan berada di objek.


Tak menunggu lama, Petugas langsung mengamankan tersangka yang mengaku bernama Suratman alias Man, berhasil diamankan Petugas. 


"Setelah di introgasi, pelaku pun mengakui perbuatannya dan uang yang dicurinya tersebut sudah habis dipakainya untuk keperluan hidup dan sebagian lagi diberikannya kepada temannya yang bernama Rudi alias Bolang sebesar Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah," beber AKP Siswanto Ginting.


Tidak berhenti sampai disitu, lanjut Perwira Pertama Polisi ini, Petugas Kepolisian pun akhirnya melakukan pengembangan terhadap pelaku atasnama Rudi alias Bolang.


"Akhirnya Rudi alias Bolang pun ditangkap di sebuah Ruko yang berada di Simpang Lincun," ungkapnya.


Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dalam kasus ini adalah 2 buah gembok yang telah di rusak, 1 buah Flasdish rekaman CCTV, 1 buah obeng untuk merusak gembok, 1 unit Sepeda Motor Yamaha Mio, nopol BK 6793 LR, serta alat yang dipakai untuk transport ke TKP.


Usai diamankan, kedua pelaku diboyong ke Mapolsek Binjai Barat, untuk  diproses hukum lebih lanjut. (Put)