Iklan

Senin, 03 Mei 2021, 16.14.00 WIB
Last Updated 2021-05-03T09:14:42Z
Metro Binjai

Gubsu Himbau Tidak Sholat Idul Fitri 1442 H,Walikota Binjai Tetap Keukeh Laksanakan

Berita Viral



BINJAI-METROLANGKAT.COM



Guna mencegah kerumunan saat pandemi Covid-19, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menghimbau untuk meniadakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah. 


Hal itu disampaikan Gubsu dalam rapat mengenai peniadaan mudik hari raya dan pengendalian Virus Covid-19, yang dihadiri Walikota dan Bupati se-Sumut secara langsung dan ada yang mengikuti secara virtual, Jumat (30/4) lalu.


Edy mengatakan peniadaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah ini, harus diinformasikan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tahu dan tidak datang ke lokasi saat hari raya Idul Fitri nanti.


"Diinformasikan, begitu juga dengan Walikota Binjai, Walikota Padang Sidempuan, tidak ada salat Idul Fitri yang terfokus," ucapnya.


Terkait himbauan tersebut, Walikota Medan, Bobby Nasution, berjanji akan mentaatinya. Untuk itu, ia meminta masyarakat melaksanakan Sholat Idul Fitri di Mesjid dekat rumah masing masing.


Namun, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melalui Kabag Humas Abdullah Rainy, mengatakan akan tetap menggelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Binjai. 


Hal itu disampaikan Abdullah Rainy, saat dikonfirmasi awak media, Senin (3/5) Siang, terkait himbauan Gubernur Sumatera Utara yang meinformasikan kepada Kepala Daerah, salahsatunya yaitu Walikota Binjai, untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri yang terfokus.


"Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah tetap dilaksanakan di Lapangan Merdeka Binjai," ucap Abdullah Rainy.


Pun begitu, lanjutnya, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan.


"Tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan," katanya.


Diberitakan sebelumnya, guna persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat persiapan dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Binjai dan unsur terkait, di ruang rapat III Balai Kota, Jalan Jendral Sudirman No 6 Binjai Kota, Kamis (29/4) lalu.


Rapat yang membahas tentang teknis pelaksanaan kegiatan serta upaya yang akan dipersiapkan guna tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : SE. 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi.


Menurut Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M. Ap, yang diwakili Kabag Kesra Fajar Muflikh S.IP, MAP, mengatakan, Sholat Idul Fitri di Tanah Lapang Merdeka Kota Binjai tetap dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku.


"Semua pihak yang berkaitan akan saling berkoordinasi. Untuk OPD yang terkait sudah mempunyai tugas masing masing dan nantinya akan kita surati sesuai Tupoksinya dan mempersiapkan segala kebutuhan Yang di butuhkan," ujarnya. (Tra)