Iklan

Selasa, 18 Mei 2021, 23.22.00 WIB
Last Updated 2021-05-18T16:22:21Z
Metro Binjai

Kodim 0203/Lkt Laksanakan Vaksinisasi Tahap II,,1200 Orang Ditarget

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Dalam rangka menjalankan Program Pemerintah, yaitu memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Kodim 0203/LKT melaksanakan Vaksinasi Nasional Tahap II Tahun 2021, di Rumkit 01.07.02 Binjai, atau lebih dikenal dengan sebutan Rumah Sakit Kesrem Binjai, yang beralamat di Jalan Bandung, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (18/5).


Adapun kegiatan penyuntikan Vaksin Dosis yang pertama dan Dosis kedua kali ini, diperuntukkan bagi para Keluarga Besar TNI, khususnya Purnawirawan dan Warakawuri di Wilayah Kodim 0203/LKT.


Pada kegiatan ini, Komandan Kodim 0203/LKT Letkol (Inf) Wahyu Joko Saputro, tampak berada di lokasi. Kedatangan dirinya disambut langsung oleh Kepala Rumah Sakit Kesrem Binjai, Mayor (Ckm) dr I Gede Wardhana Tohjiwa Sp.Pk, dan kordinator Vaksin Lettu (Ckm) drg Andri Corentus Leo, serta mendapat pengawalan dari satuan Sub Denpom 1/5 - 2 Binjai dan Provost Rumah Sakit Kesrem.


"Kegiatan ini dalam rangka menjalankan program dari Pimpinan. Artinya. Salahsatu tujuannya yaitu mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19. Jadi kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona," tegas Dandim 0203/LKT Letkol (Inf) Wahyu Joko Saputro, saat ditemui dilokasi kegiatan.


Lebih lanjut dikatakan Perwira Menengah TNI AD ini, adapun Vaksinasi yang dilakukan mulai hari ini dilaksanakan secara bersama sama.


 "Bukan hanya TNI - Polri, akan tetapi Pemerintah Daerah juga melaksanakan Vaksinasi. Artinya kegiatan ini dilakukan 

secara bersama sama dan serentak," urai Dandim 0203/LKT, seraya menambahkan, khusus untuk TNI, pelaksanaannya dimulai dari tanggal 18 - 25 Mei mendatang.


Saat disinggung berapa jumlah Purnawirawan dan Warakawuri di Wilayah Kodim 0203/LKT, yang akan menjalani Vaksinasi dalam kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan tersebut, Letkol (Inf) Wahyu Joko Saputro dengan tegas mengatakan bahwa targetnya sebanyak 1.200 orang.


"Kalau soal target, untuk Kodim 0203/LKT sekitar 1.100 sampai 1.200. Jumlah tersebut terdiri dari keluarga besar TNI, Purnawirawan, Warakawuri yang merupakan janda dari TNI, Jurnalis serta Tenaga Pendidik. Karena rencananya proses belajar mengajar akan kembali dilaksanakan pada Bulan Juli mendatang," ungkapnya.


Tidak hanya itu, lanjut Letkol (Inf) Wahyu, orang orang yang langsung bertatap muka atau berinteraksi dengan masyarakat secara langsung, salahsatunya yaitu pelaku ekonomi, juga menjadi bagian dalam target pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini.


"Sebelumnya kita pernah melaksanakan Vaksin, termasuk TNI yang awal awal pelaksanaan Vaksinasi adalah Petugas dilapangan, seperti Tenaga Kesehatan. Sebab, mereka yang langsung bergerak ke lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat umum untuk menjalankan Program Pemerintah. Mereka juga menghimbau untuk disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan," beber Perwira TNI AD ini.


Sebagai Komandan Kodim 0203/LKT, Letkol (Inf) Wahyu Joko Saputro juga menegaskan, untuk Tenaga Kesehatan dari TNI - Polri yang melaksanakan penyuntikan sudah seluruhnya melaksanakan Vaksinasi.


"Di Kesrem sudah 100 persen dari TNI Polri dan Nakes yang langsung berinteraksi dengan masyarakat umum," ucapnya.


Ditempat yang sama, Kepala Rumah Sakit Kesrem Binjai, Mayor (Ckm) dr I Gusti Wardhana juga mengatakan, Vaksinasi bagi Keluarga besar TNI, yaitu Purnawirawan dan Warakawuri, masih merupakan yang pertama kali dilaksanakan.


"Ini merupakan yang pertama kalinya. Sedangkan untuk yang tahap kedua akan dilaksanakan sekitar 3 Bulan kemudian.


"Usai yang pertama, baru sekitar tiga bulan kemudian melaksanakan  tahap kedua. Mereka juga langsung diberi Sertifikat," kata Kepala Rumah Sakit Kesrem Binjai.


Diketahui, sebelum di Vaksin, para Purnawirawan maupun Warakawuri ini terlebih dahulu harus menjalani beberapa mekanisme, diantaranya : 


Pada meja pertama, harus melaksanakan pendaftaran. Sedangkan pada meja kedua yaitu melaksanakan Skrining ( pengecekan untuk mengetahui tekanan darah, cek suhu tubuh dan mempertanyakan riwayat penyakit.


Sedangkan pada meja ketiga, para peserta baru melaksanakan Vaksinasi. Sedangkan di meja terakhir atau meja ke-empat yaitu melaksanakan observasi dengan durasi waktu 30 menit, yang bertujuan untuk melihat efek setelah disuntik.


Sedangkan jenis Vaksin yang disuntikkan  kepada Purnawirawan dan Warakawuri Wilayah Kodim 0203/LKT ialah untuk Vaksin Dosis 1 adalah jenis Astra Zeneca. Sedangkan untuk Dosis kedua adalah jenis Coronavac. (Put)