Iklan

Senin, 03 Mei 2021, 22.21.00 WIB
Last Updated 2021-05-03T15:21:13Z
Berita Hari Ini

Tim Gaktib Laka Lalin Sosialisasi Ke Yon Arhanudse 11/WBY

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Tim Penyuluh Penegakan Ketertiban Laka Lalin dan Gaktib Detasemen Polisi Militer I/5 yang dipimpin oleh Dansubdenpom I/5-2 Binjai, Kapten Cpm Agus Setiawan, serta Dansubdenpom 1/5 - 3 Pangkalan Brandan, Kapten Cpm Wahyudi, melaksanakan sosialisasi kepada seluruh personil Batalyon Arhanud 11/WBY di Garasi Beratap Mako Batalyon Arhanud 11/WBY, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur, Senin (3/5).


Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Wakil Komandan Batalyon Mayor (Arh) Aulia Rizkyan Mahar. Dalam sambutannya, ia menyampaikan perlunya para prajurit untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini.



"Hal ini agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar serta dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku berdasarkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam menjalani dinas sehari-hari," tegasnya.


Sementara itu, Dansubdenpom I/5 - 2, Kapten Cpm Agus Setiawan, menyampaikan materi Sosialisasi tentang Gaktib dan Laka Lalin bagi seluruh peserta.


Menurutnya, adapun tujuan dari pelaksanaan operasi Gaktib dan Laka Lalin adalah untuk meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum prajurit TNI, baik perorangan maupun satuan. 


"Selain itu, agar mewujudkan terciptanya prajurit TNI AD yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional dan dicintai rakyat guna mewujudkan kehidupan prajurit yang bebas dari Narkoba dan mencegah terjadinya kesalapahaman antara sesama prajurit TNI, TNI AD dengan Polri dan TNI AD dengan masyarakat," ungkapnya.


Kegiatan ini juga, lanjut, Kapten Cpm Agus Setiawan, juga berguna untuk mewujudkan kehidupan prajurit TNI AD yang bebas dari perjudian, konsumsi miras, THTI dan tindak pidana desersi serta asusila.


"Juga dapat menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas oleh prajurit TNI AD dan menekan terjadinya kecelakaan atau insiden lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI AD," ucapnya.


Sosialisasi ini, sambung Kapten Cpm Agus Setiawan, juga berguna untuk mencegah penyalahgunaan Nomor Registrasi (Noreg) kendaraaan dinas TNI AD serta menggunakan Noreg kendaraan dinas di luar standar TNI AD.


"Semuanya agar seluruh peserta mengerti dan memahami," urainya.


Diakhir kegiatan, Dansubdenpom 1/5 - 3 Pangkalan Brandan, Kapten Cpm Wahyudi, memimpin pelaksanaan pengecekan kendaran pribadi dan kendaraan dinas anggota untuk mengecek kelengkapan administrasi kendaraan yang dimiliki oleh anggota, baik kendaraan dinas maupun sipil.


Adapun kelengkapan kendaraan yang dicek meliputi SIM, STNK, BPKB dan KTA. Dari hasil pengecekan, semua anggota Batalyon memiliki surat surat dalam kondisi lengkap dan terbaru. (Put)