Iklan

Senin, 21 Juni 2021, 12.45.00 WIB
Last Updated 2021-06-21T05:45:34Z
Berita Terkini

Aksi Solidaritas Pers Melawan Bedebah Datangi Kantor Walikota Siantar Ini Tuntutan Mereka

Berita Viral

 

Ratusan jurnalis gelar aksi solidaritas kekantor Walikota Siantar 

Siantar - Metrolangkat-binjai.com


Ratusan massa yang terdiri dari Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ikatan Wartawan Online (IWO) dan KWRI, menggelar Unjukrasa di Depan Kantor Walikota Pematang Siantar, Senin (21/6).


Mengusung tema "Aksi Solidaritas Pers Melawan Bedebah (Pembedah)" para pengunjukrasa ini menyuarakan aksinya dengan membawa beberapa Spanduk dan alat pengeras suara (Toa).



Setibanya di depan Kantor Walikota Pematang Siantar, beberapa Kordinator Lapangan (Korlap) yang terdiri dari Oktavianus Rumahorbo (Aksi Pers Melawan Bedebah) Imron Nasution (AJI) Dosmaria Saragih (SMSI) Hasuna Damanik (Ketua PWI Simalungun) Daud Sitohang (Ketua IJTI) Surati (Ketua PWI Siantar) serta Kemas Edy Junaidi (KWRI Siantar-Simalungun) membacakan tuntutan mereka.


Berikut isi tuntutan dari para Pengunjukrasa : 


- Mengecam aksi pembunuhan terhadap Mara Salem Harahap (Marshal) 


- Meminta Polda Sumut dan Polres Simalungun mengungkap motif dan menangkap pelaku pembunuh Mara Salem Harahap


- Meminta Polda Sumut dan Polresta Siantar, Polres Serdang Bedagai dan Polres Binjai, untuk melanjutkan proses penyelidikan terhadap kasus kekerasan terhadap Jurnalis yang terjadi di wilayahnya


- Negara melalui Polri diminta memberikan jaminan perlindungan dan keamanan terhadap wartawan ketika menjalankan tugas jurnalistik, sebagaimana diamanahkan Undang Undang no 40 tahun 1999, tentang Pers


- Meminta Poldasu dan Polres simalungun untuk bersikap dan bertindak transparan dalam menangani perkara pembunuhan Mara Salem Harahap


- Meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar mendukung kebebasan Pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh Undang Undang Pers dalam meyelesaikan sengketa Pers


- Meminta kepada seluruh jurnalis mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerja jurnalistik.


Diketahui, sebelum melakukan aksi, massa terlebih dahulu berkumpul di Lapangan Haji Adam Malik Siantar, dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4.


"Aksi Unjukrasa dilakukan atas meninggalnya salah satu Pimred Media Oneline (Mara Salem Harahap) bebarapa hari lalu yang di tembak oleh Orang Tidak Dikenal ( OTK ) di Pasar Tiga Karang Anyar," ungkap salah seorang pengunjukrasa.


Dari Lapangan Haji Adam Malik Pematang Siantar, massa melakukan aksi Longmarch dengan berjalan kaki menuju depan Kantor Walikota Pematang Siantar, yang beralamat di Jalan Merdeka, sambil menyuarakan "Tangkap Pembunuh Mara Salem Harahap".


Usai membacakan tuntutan mereka di depan Kantor Walikota, sembari terus berorasi, massa selanjutnya menuju Polresta Pematang Siantar.


Di Polresta Pematang Siantar, massa disambut langsung oleh Kapolresta, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar.


"Terima kasih atas kehadiran rekan rekan dari seluruh Pers yang ada di Siantar dan Simalungun. Kami menerima segala tuntutan dan akan langsung menindaklanjuti. Kami juga akan segera berkordinasi dengan  Polda Sumut," tegas Kapolresta Pematang Siantar.


Dari Polresta Pematang Siantar, massa melanjutkan aksi unjukrasa ke Polres Simalungun. (Kus/red)