Iklan

Jumat, 18 Juni 2021, 18.07.00 WIB
Last Updated 2021-06-18T11:07:17Z
Berita Hari Ini

Cari Kebenaran Soal PPDB Wakil Rakyat Ini Keluar Masuk Sekolah

Berita Viral

 

 Anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Usai mendatangi Sekolah MTs Negeri Binjai, yang beralamat di Jalan Pekan Baru, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini selanjutnya Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai, Jumat (18/6).


Di MAN Binjai yang tepat berada di sebrang MTs Negeri Binjai, Legislator yang santun kepada awak media ini diterima oleh beberapa tenaga pendidik yang berada di Sekolah tersebut.


Ia juga mengatakan jika kedatangannya tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus melihat perkembangan Pasca Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah jenjang Pendidikan menengah pada Pendidikan formal di Indonesia yang setara dengan Sekolah Menengah Atas itu.


"Alhamdulillah, walau kita tidak bertemu dengan Kepala Sekolah (Evi Zulinda Br Purba S.Pdi-red) namun kita disambut baik oleh tenaga pendidik disini," kata Hendro.


Sebelum tiba di MAN Binjai, Hendro mengakui kalau ia sebelumnya sudah menghubungi Kepala Sekolah MAN Binjai, serta sudah berdiskusi dengan Kakan Kemenag Binjai, Ainul Aswad.


"Kemarin saya sudah diskusi dengan Pak Ainul, serta maksud kedatangan saya kesini juga sudah saya beritahu ke Kepala Sekolah," kata Hendro dihadapan awak media, seraya menegaskan bahwa silaturahmi yang dilakukannya itu tegak lurus dan tidak macam macam, hal itu dikarenakan ingin memberikan informasi yang terbaik pada masyarakat.


Sebagai Wakil Rakyat, Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga menambahkan, masyarakat mempunyai hak untuk menanyakan bagaimana proses berlangsungnya seleksi PPDB, hingga pengumuman penerimaan calon Siswa didik baru.


"Publik dan masyarakat berhak menanyakan ketika ada anggota keluarga atau pun anaknya menanyakan kepada pihak terkait bagaimana proses yang sebenarnya. Itu merupakan hak masyarakat dan juga di lindungi oleh Undang Undang," tegasnya.


Untuk itu, kata Hendro, sebagai anggota Dewan yang diamanahkan rakyat menjadi wakilnya, ia menegaskan jika dirinya wajib merespon itu semua, baik keluhan ataupun dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Tim Seleksi PPDB di Sekolah Sekolah yang ada.


"Salahsatunya mungkin ada ketidakpuasan dari hasil PPDB," ungkapnya.


Hendro juga mengakui, setibanya di Sekolah MAN Binjai, dirinya langsung berdiskusi terkait Proses PPDB di Sekolah tersebut dengan salah seorang tenaga Pendidik.


"Benar, tadi kami berdiskusi terkait PPDB, baik melalui jalur Prestasi dan segala macam. Artinya, saya ingin tegaskan kalau saya sebenarnya belum puas, karena saya belum bertemu dengan Ibu Evi, selaku pemimpin di Sekolah ini," beber Pria berkacamata ini.


Lebih lanjut dikatakan Pria berfostur tinggi ini, menurut keterangan dari salah seorang tenaga Pendidik, untuk proses PPDB di MAN Binjai, tidak ada kendala. "Menurut guru yang ada, di MAN Binjai, Clear. In

Yang perlu kita garis bawahi, seandainya ada anak atau calon siswa yang tidak lulus karena gagal dalam konteks tes akademiknya. Karena memang ada beberapa ujian ujian yang dilakukan dan segala macam. 


Inilah peran kita sebagai anggota Dewan, yaitu mendudukkan permasalahan dan menyampaikan sebenarnya itu seperti apa," beber Hendro ketika disoal seleksi PPDB.


Lanjutnya, dengan datang ke Sekolah Sekolah dan mengetahui proses PPDB, serta kendala apa yang terjadi, hal itu dikarenakan pihaknya menginginkan kualitas Pendidikan, khususnya di Kota Binjai, menjadi lebih baik lagi.


"Kta ingin kualitas pendidikan di Binjai bisa lebih bagus. Baik yang di lakukan oleh Institusi Kemenag atau Institusi Kemendikbud. Artinya, harus memberikan dampak positif dan pembentukan karakter bagi kualitas pendidikan kita," pungkasnya.


Dirinya juga menambahkan, suatu Negeri, suatu kaum, suatu wilayah (Kabupaten Kota) mempunyai hak untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas. "Artinya, semua anak anak punya kesempatan yang sama untuk masuk dan belajar di Sekolah. 


Maka sesungguhnya Pemerintah, Pemimpin, baik itu Kepala Sekolah, Bupati, Gubernur, Walikota, hadir untuk memberikan porsinya sebagai Leader atau sebagai seorang pemimpin," ujar pria berkacamata ini.


Diakhir pembicaraannya, Pria yang sebelumnya pernah belasan tahun menjadi Staf ahli di DPR RI ini menegaskan bahwa salah satu fungsi dirinya sebagai anggota DPRD ialah melalukan Pengawasan. 


"Hari kami melakukan sebagai fungsi pengawasan kami, karena itu dijamin Undang Undang. Kami selalu siap ketika masyarakat melaporkan. Jadi bukan PPDB saja.


 Namun masih banyak hal lainnya seperti Dukcatpil, tanah longsor dan sebagainya. Itulah tugas kami untuk cepat merespon terhadap aspirasi dan masukan masyarakat," tutur Hendro Susanto.


Usai mengunjungi Sekolah MTs Negeri dan MAN Binjai, Hendro selanjutnya akan berangkat ke Medan, untuk ikut menghadiri Paripurna.


"Ada Paripurna. Agendanya terkait jawaban Gubsu terhadap pandangan Fraksi Fraksi tentang laporan pertanggung jawaban tahun 2020. Sebelum ke Medan, saya sempatkan dulu kemari sebagai bentuk kepedulian kami pada masyarakat yang juga memang merupakan tugas kami untuk melayani masyarakat," tutupnya. (Kus)