Iklan

Senin, 07 Juni 2021, 08.14.00 WIB
Last Updated 2021-06-07T01:14:01Z
Berita Terkini

Erupsi Sinabung Abu Vulkanik Selimuti Warga Pulau Di Langkat

Berita Viral

Debu erupsi Gunung Sinabung yang bertebaran sampai ke Kabupaten Langkay tampak menyelimuti pemukiman.


Tanah Karo- Metrolangkat-binjai.com


Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada tanggal 06 Juni 2021 pukul 23:50 WIB menyebabkan tebaran abu hingga ke Kota Binjai dan Langkat.

Tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 36 mm dan durasi ± 1 menit 25 detik.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi:
1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.


2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.


3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin.


Hal ini dibenarkan pengamat Pos Pengamatan Gunung api Sinabung Armen Putra melalui WhatsAppnya Senin (07/06) pukul 00.10.WIB.


Terpantau saat ini terjadi hujan pasir diseputaran desa Kuta Rayat Kecamatan Naman Teran,Kabupaten Karo dan terdengar suara bergemuruh dari Gunung Sinabung.

KEGEMPAAN
Letusan
(Jumlah : 1, Amplitudo : 36 mm, Durasi : 85 detik)
Awan Panas Guguran
(Jumlah : 1, Amplitudo : 120 mm, Durasi : 421 detik)
■ Guguran
(Jumlah : 9, Amplitudo : 6-37 mm, Durasi : 31-163 detik)
■ Hybrid/Fase Banyak
(Jumlah : 23, Amplitudo : 2-23 mm, S-P : 0 detik, Durasi : 6-21 detik)
■ Tektonik Jauh
(Jumlah : 1, Amplitudo : 72 mm, S-P : tidak terbaca, Durasi : 57 detik).

Dampak erupsi Sinabung juga dirasakan warga dilangkat. Bahkan,warga yang berada di kepulauan seperti Desa Jaring Halu,Kecamatan Secanggang, ikut terdampak.

Meski jarak Sinabung-Jaring Halus mencapai 104 Km namun abu letusan memenuhi atap dan pekarangan rumah warga. 

Kepala desa (Kades) Jaring Halus H Usman dalam laman FB nya menuliskan abu erupsi sudah sampai ke jaring halus,sebaiknya gunakan masker. Tulisnya.(red)