Iklan

Senin, 28 Juni 2021, 11.50.00 WIB
Last Updated 2021-06-28T04:50:11Z
Berita Hari Ini

Narma Sipencipta Tahu Crispy Pertama Di Disumatera Utara

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Narma (53) Pria asal Cirebon, Provinsi Jawa Barat, yang kini menetap di Kota Binjai, sukses menggeluti UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang sudah ditekuninya selama belasan tahun.


Adalah "Tahu Cresss Khas Jawa Pak Narma" nama usaha yang selama ini terus digelutinya dan beralamat di Jalan Tempui, Lingkungan VII Kelurahan Sukaramai, Binjai Barat. 


Saat ditemui dikediamannya yang juga merupakan tempat produksi usaha Tahu Crispy, Sabtu (26/5) Pria yang pernah mencalonkan diri menjadi Kepala Desa (Kades) di Cirebon ini, menyambut kedatangan beberapa awak media.


Sembari menyeruput Kopi, Pria berdarah Sunda ini menceritakan sedikit pengalamannya yang sebelumnya jatuh bangun untuk membangun usaha miliknya, hingga terbilang sukses seperti saat ini.


"Semenjak saya di Binjai, saya mulai menekuni usaha tahu crispy ini. Bersama istri, jatuh bangun sudah sering kami alami dan akhirnya kami lalui," ucap Narma.


Setelah beberapa tahun berjualan menggunakan gerobak dorong, akhirnya ia dapat mengumpulkan hasil dari kerja keras dan keuletannya untuk membuat Pabrik Tahu Crispy rumahan, di Kelurahan Sukaramai, tidak jauh dari kediamannya saat ini.


"Karena saya yakin, dengan kerja keras dan keuletan dan niat ingin maju, Alhamdulillah saya bisa mempunyai UKM," urai Narma, sembari mengatakan, sebelumnya usahanya tidak ditempat sekarang ini, namun tetap di Lingkungan yang sama.


Lebih lanjut dikatakan Pria paruh baya ini, sebagai seorang Pendatang dari Pulau Jawa yang mencoba mencari rejeki di Daerah Luar, ia dituntut harus bisa Supel dan pandai bergaul. Tak jarang, beberapa warga sekitar yang membutuhkan bantuannya, datang kerumahnya atau sebaliknya.


"Tanpa mengurangi rasa hormat dan tidak ada maksud untuk menyombongkan diri, silahkan Mas Mas tanya ke warga sekitar. InsyaAllah selagi saya masih sanggup, pasti akan saya bantu," tutur Narma.


Sebagai salah seorang pengusaha, Narma juga mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang pertama menciptakan "Tahu Crispy" di Sumatera Utara. Bahkan, berkat keuletan dan ketekunannya, saat ini ia mempunyai Puluhan pedagang Tahu Crispy yang tersebar di Kota Binjai, bahkan ke Kabupaten/Kota lainnya di Sumut.


"Kalau di Binjai pasti ada. Alhamdulillah di Langkat, Medan, Deli Serdang, sampai saat ini masih ada. Mereka berjualan umunnya memakai gerobak bermotor," beber Pria yang baru berduka karena anaknya belum lama ini meninggal dunia karena sesuatu penyakit yang dideritanya.


Disoal apakah Usaha Tahu Crispy miliknya mempunyai ijin yang lengkap dari Dinas Terkait, dengan tegas dirinya menjawab lengkap.


"Kalau ijinnya lengkap. Saya tidak berani menyalahi aturan. Kita juga punya tiga kolam dibelakang untuk IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) nya," ungkap Narma, sembari menunjukkan lokasi IPAL yang dimaksud.


Kini, berkat ketenaran nama Tahu Crispy miliknya, beberapa Forkopimda, OPD maupun lainnya, kerap berkunjung ketempat usahanya, baik untuk mencicipi renyahnya tahu Crispy buatannya, maupun untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.


Bahkan, Narma juga mempunyai beberapa orang karyawan yang setiap hari membantu usaha miliknya. "Setidaknya saya menciptakan lapangan pekerjaan buat mereka," kata Narna sembari tersenyum kecil.


Terpisah, warga sekitar yang mengaku bernama Toni, juga memuji kedermawanan seorang Narma, Pengusaha Tahu Crispy yang sudah terkenal tersebut.


Sebagai warga yang bertempat tinggal tidak jauh dari usaha Tahu Crispy tersebut, Toni juga mengatakan, selain Dermawan, Narma juga sangat baik dengan masyarakat sekitar.


"Kalau Pak Narma memang orang baik. Beliau sering bantu warga sekitar. Pastinya setiap mau Hari Raya, Pak Narma pasti berbagi ke masyarakat sekitar," kata Toni.


Toni juga mengatakan, sebagai Pengusaha Tahu, Narma juga tidak sungkan untuk meminta maaf kepada warga apabila dirinya dinilai mempunyai kesalahan.


"Orangnya ramah, pemaaf. Semoga beliau tetap diberi kesehatan," ucap Toni, sembari diaminkan oleh warga lainnya. (Tra)