Iklan

Selasa, 22 Juni 2021, 12.12.00 WIB
Last Updated 2021-06-22T05:12:25Z
Berita Hari Ini

Tim PPKM Puskemas Kebun Lada Lakukan Pelacakan Kontak

Berita Viral

 


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) adalah kebijakan Pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021 untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. 


Sebelum pelaksanaan PPKM, Pemerintah telah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.


Upaya 3T atau tindakan melakukan tes (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien (treatment) juga merupakan salah satu upaya utama penanganan Covid-19.


Seperti yang dilakukan oleh Tim PPKM Covid-19 Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Senin (21/6). Berdasarkan laporan Tim PPKM Covid-19 Kota Binjai dan Puskesmas Kebun Lada, mereka melakukan Tracing/pelacakan kontak.


Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto. Menurutnya, Tracing merupakan proses mengidentifikasi, menilai, dan mengelola orang orang yang telah terpapar suatu penyakit untuk mencegah penularan lebih lanjut.


"Benar, tadi Tim PPKM Covid-19 Kota Binjai dan Puskesmas Kebun Lada, melakukan Tracing (pelacakan kontak-red) kepada warga di Kelurahan Kebun Lada," ucap Dr Sugianto.


Pantauan awak media, Tim PPKM Covid-19 Kelurahan Kebun Lada, menemukan seorang warga berinisial HM (30) yang terpapar Covid-19, warga Jalan MT Haryono, Lingkungan ll Kelurahan Kebun Lada.


Tracing atau pelacakan pun segera dilakukan Tim PPKM Covid-19 Kelurahan Kebun Lada kepada beberapa orang yang kontak langsung dengan HM.


"Dilakukan Tracing Suaminya, serta beberapa orang lainnya yang sempat diungsikan sebelumnya. Namun ada juga yang bersedia di Swab oleh Tim Kesehatan," ungkap salah seorang Tim PPKM, sembari mengatakan, adapun tujuan Tracing untuk menghindari penyebaran Covid-19 kepada keluarga yang lainnya, terutama kepada keluarga yang bersentuhan langsung (Tinggal satu rumah).


Pada kesempatan itu, Tim PPKM juga menyampaikan kepada keluarganya agar harus disiplin melaksanakan anjuran Dokter, yaitu istirahat dan makan obat secara teratur serta jangan lupa vitamin buah. 


Tim PPKM Covid-19 Kelurahan Kebun Lada berjanji akan terus memantau dan melaporkan perkembangan, serta menghimbau warga untuk disiplin Protokol Kesehatan dan membudayakan 3M dalam kehidupan sehari hari.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Duanda Setiabudi (Seklur Kelurahan Kebun Lada) Sabarita Br Sitepu (Tim Covid-19 Puskesmas Kebun Lada) Aiptu Juliato (Bhabinkamtibmas) Seda Zulfan Rian (Babinsa) serta Surya Darma (Kepling II Kelurahan Kebun Lada). (Kus)