Iklan

Rabu, 21 Juli 2021, 17.05.00 WIB
Last Updated 2021-07-21T10:05:15Z
Kabar Asahan

Idul Adha 1442 H, Pengajian Al Iqro Bunut Barat Sembelih 3 Sapi Hewan Qurban

Berita Viral

Asahan- Metrolangkat-binjai.com


Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 yang jatuh tepat pada 10 Dzulhijjah. Pengajian Al Iqro Kelurahan Bunut Barat Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, kembali melaksanakan  penyembelihan  hewan qurban berupa sapi sebanyak tiga ekor 


Penyampaian tersebut dikatakan langsung oleh ketua panitia pelaksana qurban Dedi Rahmadi, disela-sela pemotongan hewan qurban berlangsung dihalaman rumahnya pada Selasa (20/7/2021) pagi


"Alhamdulillah pengajian Al Iqro Bunut Barat tahun ini menyembelih sebanyak tiga ekor hewan qurban sapi. Jumlah hewan qurban tahun  ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya" ujar Dedi.


Dimana menurutnya pada tahun sebelumnya 1441 H, jumlah hewan qurban yang disembelih sebanyak dua ekor sapi dan tiga ekor kambing dengan jumlah hamba Allah yang ikut qurban sebanyak 17 orang.


Sedangkan pada tahun ini 1442 H /2021 hewan qurban yang disembelih jumlahnya ada tiga ekor dan jumlah hamba Allah yang ikut berqurban di Kelurahan Bunut Barat sebanyak 21 orang  jelas Dedi


"Kami berharap semoga apa yang telah kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi si penerima qurban dan mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari Allah' SWT sehingga kegiatan qurban ini secara berkesinambungan dapat terus kami lakukan" ujar Ketua Dedi yang di aamiini oleh Seketaris Robby dan Bendahara Amy.



Sementara masih ditempat yang sama pendiri pengajian sekaligus merupakan guru mengaji di pengajian Al Iqro Kelurahan Bunut Barat Adi Syam menyambut baik dan memberikan rasa apresiasi kepada semua panitia pelaksana qurban yang telah bekerja secara maksimal dan gotong royong.


"Saya merasa bangga dan haru atas kinerja panitia dalam melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Rasa persaudaraan dan rasa silahturahmi begitu sangat melekat terlihat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih. Apalagi ada warga dari Medan yang jauh-jauh mau ikut melaksanakan qurban di pengajian Al Iqro" ujar Adi Syam 


Kemudian masih dijelaskan  oleh Adi Syam bahwa penyembelihan qurban itu untuk berbagi rejeki bagi saudara kita yang kurang mampu dengan sesuatu yang berharga berupa daging qurban dan dilakukan secara tulus ikhlas bagi mereka yang mampu akan rejekinya.


Selain itu penyembelihan qurban menurut Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kita kepada Allah.

Seperti diceritakan kisah Nabi Ismail dalam Alquran surat As-Safat ayat 102-107.


"Maka ketika (anak laki-laki) mencapai (usia) sanggup bekerja dengannya, (Ibrahim) berkata: “Wahai anakku! Sesungguhnya saya bermimpi bahwa saya menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?" Dia (Ismail) menjawab: “Wahai Ayahku! Lakukan apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu: Insya Allah, Engkau akan menemukanku, termasuk orang yang sabar. 


Maka ketika keduanya telah berserah diri (kepada Allah), dan dia (Ibrahim) membaringkannya anaknya atas pelisnya (untuk pengorbanan). Lalu kami panggil dia, “wahai Ibrahim! Sungguh engkau telah memenuhi mimpi itu! ” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat benar. Sesungguhnya ini benar-benar ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar," (Pram)