Iklan

Jumat, 02 Juli 2021, 06.50.00 WIB
Last Updated 2021-07-01T23:50:24Z
Hukum dan kriminal

Kejari Langkat Periksa Mantan Kadis BMBK Sumut Terkait Kasus Dugaan Korupsi

Berita Viral


Ilustrasi


Langkat - Metrolangkat-binjai.com


Mantan Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Propinsi Sumut Ir H M A Effendi Pohan MSi diperiksa Kejari Langkat. Dia diperiksa sebagai saksi, terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) dalam kegiatan rehabilitasi/pemeliharaan pada satuan kerja, UPT Jalan dan Jembatan Binjai-Langkat, pada Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut, TA 2020 dengan nilai Rp. 4.480.000.000.


Hal itu disampaikan Kajari Langkat Muttaqin Harahap SH MH, melalui Kasi Intelijen Boy Amali SH MH via selulernya. "Dia (Effendi Pohan) diperiksa sebagai saksi tentang dugaan Tipikor dalam kegiatan pemeliharaan jalan. Besar Pagunya Rp4,48 Miliar," kata Boy, Kamis (1/7) siang.


Pemeriksaan pria yang saat ini menjabat sebagai Kadis PMPPTSP Sumut itu, kata Boy, berdasarkan surat perintah Penyidikan Kepala Kejaksaan Negeri Langkat No : Print- 02/L.2.25.4/Fd.1/06/2021 tanggal 02 Juni 2021 tentang dugaan tindak pidana korupsi.

"Tanggal 29 Juni kemarin dia (Effendi Pohan) sudah kita panggil, namun saat itu masih ada dinas di luar kota. Hari ini dia baru bisa hadir untuk kita periksa," lanjut pria yang dikenal akrab dengan awak media itu.


Pemeriksaan Effendy Pohan dalam perkara tersebut, karena pada tahun 2020 yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu. "Saat itu kan dia sebagai pengguna anggaran, makanya kita periksa. Jaksa penyidiknya Gery Anderson Gultom SH MH, Juanda Fadli SH dan Randy Tumpal Pardede SH," tandasnya.


Sementara Ir Effendi Pohan ketika dikonfirmasi soal pemeriksaan dirinya di Kejari Langkat mengaku hanya sebagai koordinasi saja. "Hanya koordinasi saja, ada sesuatu disana. Maaf dek ya, lagi pengajian ini, malam jumat," katanya singkat dan langsung menutup teleponnya. (Ah)