Iklan

Kamis, 01 Juli 2021, 15.15.00 WIB
Last Updated 2021-07-01T08:15:23Z
Berita Hari Ini

Lima Nelayan WNI Berhasil Dievakuasi Setelah Karam Dilaut Malaysia

Berita Viral

 

Deli Serdang - Metrolangkat-binjai.com


Lima orang Nelayan Warga Negara Indonesia, berhasil dievakuasi oleh Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Ikan Indonesia, di Pulau Jarak, Malaysia, Kamis (1/7) Pagi, sekira Pukul 07.30 Wib.


Berdasarkan informasi yang diterima redaksi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara, dievakuasinya 5 WNI tersebut berdasarkan laporan/pemberitahuan lisan Commander Khairun Zakaria, Sops Markas TLDM melalui jaringan provider lokal TW 0628.1929 LT.


Evakuasi tersebut berawal pada pukul 14.35 LT, dimana Petugas Penjaga Stasiun Pengawas Pulau Jarak, telah memonitor 5 orang yang tidak dikenal berenang mendekat Stasiun Pengawas dan naik ke darat.


Berdasarkan hasil penyelidikan awal diperoleh keterangan sebagai berikut :


Kapal ikan berpangkalan di Medan, Indonesia, berlayar ke laut pada tanggal 25 Juni 2021 sekira Pukul 08.00 Wib, untuk menangkap ikan. 


Selanjutnya, Kapal Ikan yang dinaiki para Nelayan tersebut tenggelam disebabkan oleh cuaca buruk pada tanggal 26 Juni 2021 sekira Pukul 02.00 Wib. Dengan peralatan adanya, kelima nelayan tersebut menggantungkan tubuhnya pada Drum Ikan untuk bertahan dan menyelamatkan diri. 


Akhirnya, sekira Pukul 12.00 Wib, tepatnya tanggal 28 Juni 2021, kelima nelayan tersebut telah diselamatkan oleh satu Kapal Ikan berbendera Malaysia, dan selanjutnya dipindahkan ke Kapal Ikan tersebut.


Akhirnya, sekira Pukul 14.00 Wib, Kapal Ikan berbendera Malaysia tersebut menurunkan kelima nelayan asal Indonesia itu di sekitar perairan Pulau Jarak, Malaysia.


Informasi terakhir terkait dengan kronologi di atas, kelima nelayan telah dievakuasi oleh aset Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) dan akan dilimpahkan kepada Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia ( APMM) Perak, untuk penyidikan lebih lanjut.


Adapun kelima nelayan asal Indonesia tersebut adalah :


- Dedy (36) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deli  Serdang


- Shahjemi (18) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang


- Tawakkal (16) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang


- Faisal (35) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang


- Mohd Reza (14) warga Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. (Kus)