Iklan

Sabtu, 24 Juli 2021, 21.24.00 WIB
Last Updated 2021-07-24T14:24:54Z
Berita Hari Ini

Obat Tberapi Covid-19 Mulai Menipis Di Binjai

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, mengatakan, beberapa Kategori obat obatan Therapi Covid-19 untuk persediannya sudah mulai menipis di Kota Binjai.


Hal itu disampaikan Dr Sugianto saat dikonfirmasi awak media terkait pengecekan ketersediaan obat obatan Covid-19 di Apotik Villa Duta, Kota Bogor, yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (23/7) kemarin, dan videonya tersebar ke Media Sosial.


"Saat ini ketersediaan obat obatan Covid-19 masih ada, walaupun sekarang sudah menipis. Kita juga sudah memintanya ke Provinsi," ungkap Dr Sugianto, saat dikonfirmasi, Sabtu (24/7) Sore.


Disoal apa langkah Pemko Binjai melalui Dinas Kesehatan untuk menjamin ketersediaan obat obatan di pasaran atau di apotik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan obat tersebut untuk Therapi Covid-19 secara mandiri mengingat persedian yang ada sudah menipis sedangkan antusias masyarakat untuk melaksanakan Vaksinasi terus membludak, Dr Sugianto mengakui bahwa pihaknya sudah meminta apotik yang ada di Kota Binjai, agar tetap menyediakan obat yang dimaksud.


"Dinkes sudah meminta ke semua apotik yang ada di Kota Binjai agar menyediakan obat yang berhungan dengan pengobatan Covid-19," ujar Dokter Spesialis kandungan ini.


Adapun obat obatan yang termasuk kategori sebagai therapi Covid-19 yang dimaksud menurut Dr Sugianto adalah Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin, Vitamin D3 5000.


Diketahui, Presiden Joko Widodo menelepon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, usai mengecek ketersediaan obat obatan terkait Covid-19 di Apotek Villa Duta, Kota Bogor, Jumat (23/7) kemarin.


Jokowi juga melaporkan kondisi ketiadaan stok obat antibiotik, antivirus, dan sejumlah vitamin di apotek itu.


"Pak, ini saya cari obat antivirus oseltamivir, enggak ada. Cari lagi yang obat antivirus yang Favipiravir juga enggak ada. Kosong. Saya cari obat yang antibiotik Azithromycin, juga enggak ada," ujar Jokowi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat malam.


Dalam video yang beredar, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, juga berjanji akan segera melakukan pengecekan, karena beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, tidak didapat oleh Presiden Jokowi di Apotik Villa Duta, Kota Bogor. (Kus)