Iklan

Selasa, 06 Juli 2021, 15.40.00 WIB
Last Updated 2021-07-06T08:40:10Z
Berita Hari Ini

PC- NU Kota Binjai Periode 2020-2025 Dikukuhkan

Berita Viral

 

Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Binjai Periode 2020-2025, resmi dikukuhkan. Pelantikan tersebut berlangsung di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kota Binjai, Selasa (6/7).



Resepsi pelantikan ditandai prosesi pengambilan sumpah janji jabatan, serta serah terima Pataka NU dan Surat Keputusan PB NU tentang Komposisi Kepengurusan PC NU Kota Binjai, masa khidmat 2020 - 2025, tertanggal 5 Rajab 1441 Hijriyah atau 29 Februari 2020, dari Wakil Rois PW NU Sumatera Utara KH Hamdan Yazid, kepada jajaran pengurus PC NU Kota Binjai.


Adapun jajaran pengurus inti PC NU Kota Binjai masa khidmat 2020-2025 yang dilantik, yaitu Rois, H Nurben Tuah Lc MA, Khatib, Gultus Agustulus, Aqwan, Suherman S.Sos. Ketua Umum Asmuri Hafiz, Sekretaris Umum Ahmad Amri Siregar, dan Bendahara Umum Wagiran.


"Dengan mengucap Bismilahirahmani Rahim, maka komposisi kepengurusan PC Nahdatul Ulama Kota Binjai masa khidmat 2020-2025, resmi kami lantik," ungkap Wakil Rois PW NU Sumatera Utara KH Hamdan Yazid, didampingi Sekretaris Umum PW NU Sumatera Utara H Hatta Siregar.


Sementara itu, dalam sambutannya, Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, mengucapkan selamat dan sukses atas Pelantikan PC NU Kota Binjai masa khidmat 2020-2025, sembari berharap Keluarga Besar NU Kota Binjai memberikan pencerahan dan bimbingan kepada Umat Islam.


Secara khusus dirinya juga meminta agar PC NU Kota Binjai, tidak hanya tampil sebagai lembaga yang terfokus pada pembinaan keagamaan, tetapi juga berperanserta aktif menyatukan keanekaragaman umat beragama. Apalagi Binjai tergolong kota yang heterogen, karena memiliki penduduk dari berbagai etnis dan agama.


"Semoga PC NU Kota Binjai dapat menciptakan umat terbaik dan berkualitas, menjadi sarana mencari solusi atas permasalahan yang dialami umat Islam, membantu program pemerintah, memerangi hoaks, terorisme, dan redikalisme, serta menyatukan persepsi dan komitmen mewujudkan Kota Binjai maju, relijius, dan berbudaya," seru Amir Hamzah, sembari berjanji akan menyediakan tempat untuk Kantor Sekretariat PC NU Kota Binjai.


Ucapan selamat dan sukses atas pelantikan PC NU Kota Binjai masa khidmat 2020-2025 juga disampaikan Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST. Dia berharap, PC NU Kota Binjai dapat bekerja berdampingan dengan ormas Islam lainnya, serta menjadi mitra strategis bagi Pemerintah dan DPRD Kota Binjai untuk mendukung pembangunan dan kemajuan daerah. 


"Mari bersama kita tingkatkan komunikasi dan harmonisasi antar ormas Islam demi terciptanya Kota Binjai yang sejuk aman dan kondusif. Selain itu, saya juga mengajak PC NU Kota Binjai meningkatkan partisipasinya dalam mendukung seluruh program pembangunan, terkhusus untuk mewujudkan Kota Binjai yang maju, relijius, dan berbudaya," ucap H Kires, sapaan akrab H Noor Sri Syah Alam Putra ST.


Sementara itu, Ketua Umum PC NU Kota Binjai masa khidmat 2020-2025, Asmuri Hafiz, mengingatkan seluruh jajaran pengurus PC NU Kota Binjai agar solid bekerjasama dan menyumbangkan segala kemampuannya untuk meningkatkan peran dan kinerja organisasi demi mendukung kemaslahatan umat dan terwujudnya Umat Islam yang terbaik.


"Ingat, NU adalah ormas Islam terbesar dan tertua setelah Muhammadiyah. Mari kita bangun Islam dan organisasi ini dengan lebih baik, berikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara, serta ciptakan toleransi keagamaan dan perkuat persaudaraan antar umat beragama di Kota Binjai," ujarnya.


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan PC NU Kota Binjai masa khidmat 2020-2025, Suherman SSosI, menjelaskan, acara ini sebelumnya sempat tertunda selama satu tahun karena adanya larangan pelaksanaan kegiatan bersifat padat massa oleh PB NU, menyusul pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.


Walaupun demikian, Keluarga NU Kota Binjai tidak berkecil hati. Sebab NU merupakan organisasi Islam yang senantiasa patuh pada aturan Pemerintah dan berpegang teguh untuk mendukung kemaslahatan umat, terutama dalam menekan angka penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


"Pada dasarnya, tujuan pelantikan ini ialah untuk mendukung legalisasi organisasi, dengan mengusung tema Legalisasi dan Rekonstruksi Organisasi guna Mengoptimalkan Komitmen Kader Nahdatul Ulama untuk NKRI dan Terwujudnya Kearifan Lokal," jelas Suherman, yang mengaku acara pelantikan dihadiri 25 persen dari total pengurus dan para undangan.


Acara yang digelar dengan penerapan ketat Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, dihadiri oleh Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah MAP, Ketua DPRD Kota Binjai H Noor Sri Syah Alam Putra ST, Dandim 0203/Langkat Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, Kajari Binjai Husein Atmaja, Kepala BNNK Binjai AKBP Suprayogi, Kakan Kemenag Kota Binjai Ainul Aswad, Kepala Pengadilan Agama Binjai, Kepala BAZNAS Kota Binjai Hansarullah, Ketua MUI Kota Binjai DR HM Jamil Siahaan MA, Ketua IPQOH Kota Binjai HM Yusuf, dan para pimpinan Ormas Islam. (Kus)