Iklan

Kamis, 08 Juli 2021, 15.33.00 WIB
Last Updated 2021-07-08T08:33:26Z
Berita Hari Ini

Pemko Binjai Tegaskan Tidak Ada Sholat Ied Adha Ditanah Lapang

Berita Viral


Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah/2021 masehi yang jatuh pada tanggal 20 Juli mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menegaskan bahwa pelaksanaan Sholat Idul Adha ditiadakan di Lapangan Merdeka Binjai.


Hal itu dikatakan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemko Binjai, Fajar Muflikh Lubis, saat dikonfirmasi awak media terkait pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 Hijriyah di Kota Binjai.


"Masih seperti Sholat Idul Fitri kemarin, pelaksanaan Sholat Idul Adha untuk tahun ini ditiadakan di Lapangan Merdeka Binjai. Artinya, pelaksanaan Sholat hanya dilakukan di Mesjid Mesjid atau dirumah saja," ungkap Kabag Kesra Pemko Binjai, Kamis (8/7) Sore.


Ditiadakannya pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka Binjai, menurut Fajar, hal itu bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan timbulnya klaster baru.


"Walau Binjai tidak termasuk dalam daerah PPKM Darurat, namun kita tetap harus waspada dan disiplin Protokol Kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid," urai Fajar, seraya menambahkan, pihaknya juga jurut mendukung program PPKM Darurat Jawa-Bali dari tanggal 3-20 Juli 2021 sesuai Surat Edaran No15 Th.2021.


Pun begitu, lanjut Fajar, walau dihimbau untuk melaksanakan Idul Adha 2021 di Mesjid Mesjid terdekat, bukan berarti tidak ada pengawasan. "Tetap dilakukan pengawasan, seperti pemeriksaan suhu tubuh, menyediakan fasilitas cuci tangan dan mengatur jarak warga yang hendak beribadah," ungkap Fajar Muflikh Lubis.


Sebagai Kabag Kesra Pemko Binjai, Fajar juga mengatakan adanya aturan terkait pelaksanaan yang Sholat Idul Adha 2021 yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021.


"Benar. Kementerian Agama telah mengeluarkan edaran mengenai penyelanggaraan Shalat Idul Adha dan pelaksanaan kurban 1442 H/2021 Masehi di tengah pandemi corona. Dalam edaran itu, penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan kurban wajib menerapkan protokol kesehatan," bebernya.


Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) dalam konperensi Pers bersama Polri, MUI, Menaker, Kemenpan RB serta Dewan Masjid Indonesia, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, bahwa sholat Idul Adha di zona PPKM darurat ditiadakan.


Dalam kesempatan yang sama, Menag juga menyampaikan aturan penyembelihan hewan kurban yang hanya boleh dilakukan di tempat terbuka dengan disaksikan pihak yang berkurban. (Kus)