Iklan

Selasa, 06 Juli 2021, 15.55.00 WIB
Last Updated 2021-07-06T08:55:06Z
Berita Terkini

Pustu Limau Mungkur Periksa Kesehatan Warga Lansia

Berita Viral
Petugas pembantu sedang melaksanakan pemeriksaan kesehatan.


Binjai - Metrolangkat-binjai 


Bertempat di Puskesmas Pembantu (Pustu) Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, yang beralamat di Jalan Kurma, melaksanakan pemeriksaan Kesehatan bagi para lanjut usia (Lansia), Selasa (6/7).


Menurut Kepala Puskesmas Pembantu Kelurahan Limau Mungkur, Nestrin Sihotang S.KM, dalam kegiatan kali ini, setidaknya ada 9 orang Lansia yang diperiksa kesehatannya.


"Untuk kegiatan hari ini ada 9 lansia yang berasal dari beberapa lingkungan di Kelurahan Limau Mungkur yang menjalani pemeriksaan," ujar Nestrin.


Sedangkan untuk pemeriksaannya menurut Nestrin Sihotang, yaitu tekanan darah, gula darah, Kolesterol, asam urat, pemeriksaan gula serta pengukuran tinggi dan berat badan.


"Kegiatan ini biasanya kami laksanakan rutin setiap bulan. Namun karena Pandemi Covid, terhitung dari bulan Januari tahun 2021 hingga saat ini, baru empat kali kami melakukan pemeriksaan," urai Nestrin Sihotang.


Disoal apa tindakan yang akan dilakukan selanjutnya jika ada Lansia yang mengalami penyakit seperti yang disebutkan diatas, wanita berdarah Batak ini menegaskan akan melakukan rujukan ke Puskesmas Induk Kecamatan Binjai Barat, yang beralamat di Jalan HA Hasan. 


"Misalnya salah seorang lansia menderita penyakit dalam, maka akan kami rujuk ke Puskesmas Induk, karena di Pustu (Puskesmas Pembantu-red) tidak ada dokter Spesialis," ungkap Nestrin, sembari mengatakan, rujukan ke Puskesmas Induk disesuaikan dari BPJS.


Untuk itu, sebagai tenaga medis Nestrin Sihotang menghimbau kepada masyarakat, khususnya Lansia, untuk selalu menjaga dan memeriksakan kesehatannya, terutama pola makannya.


Terpisah, Camat Binjai Barat Samuel Lumbantoruan SH, saat dikonfirmasi awak media diruangannya membenarkan adanya pemeriksaan Kesehatan bagi para Lansia di Kelurahan Limau Mungkur.


Sebagai Camat, ia juga memberikan apresiasi kepada Pustu maupun Puskesmas Induk yang ada di Kecamatan Binjai Barat, yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.


"Kegiatan tersebut memang sudah dijadwalkan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas. Untuk itu, mari kita jaga kesehatan kita, apalagi dimasa Pandemi Covid seperti sekarang ini," ujar Samuel Lumbantoruan. (Kus)