Iklan

Sabtu, 10 Juli 2021, 12.13.00 WIB
Last Updated 2021-07-10T05:13:39Z
Berita Hari Ini

Walikota Binjai Pimpin Rapat Vaksinisasi Tahap 3 Untuk Anak Usia-12 Tahun Untuk

Berita Viral


 Binjai - Metrolangkat-binjai.com


Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah, M. AP, memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap III di Aula Pemko Binjai, Jalan Jend Sudirman, Kota Binjai, Jumat (9/7). 


Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Binjai Ir Muhammad Syarif Sitepu, Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, S.IK, Dandim 0203/Lkt Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, Kepala Kejaksaan Negeri Binjai M Husein Admadja, SH MH, Sekda Kota Binjai H Irwansyah Nasution, S.Sos, Direktur RS. Djoelham Dr David Tambunan, dan seluruh Kepala Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta serta Kepala Puskesmas di Kota Binjai. 


Pada kesempatan itu, Walikota Binjai mengatakan, rapat dilaksanakan guna menindaklanjuti surat edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor : HK.02.02/v/1727/2021 tanggal 30 Juni 2021 tentang vaksinasi tahap tiga bagi masyarakat rentan, serta masyarakat umum lainnya, dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun. 


"Maka perlu bagi kita untuk mengadakan rapat persiapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap tiga ini, dengan demikian kita dapat mengetahui tindakan apa saja yang harus kita laksanakan pada kegiatan tersebut nantinya, mengingat kita telah melaksanakan kegiatan vaksinasi tahap 1 dan 2 sebelumnya," ujar Walikota. 


Tingginya antusiasme masyarakat dalam menerima vaksinasi Covid-19 juga berimbas kewalahannya tim vaksinator, tim keamanan, tim logistik maupun tim kebersihan. 


Menyikapi hal tersebut, Walikota Binjai berharap kepada instansi instansi terkait untuk menambah personil yang ditugaskan dari masing masing instansi, agar vaksinasi kedepannya dapat terlaksana dengan lancar. 


Amir juga mengatakan, saat ini tempat pelaksanaan vaksinasi berjumlah 12 titik yang tersebar di Kota Binjai. Hal ini diterapkan guna terciptanya efisiensi kegiatan dan meratanya masyarakat yang menerima vaksin. 

Ia juga menambahkan, jumlah lokasi vaksinansi yang masih relatif sedikit ditambah tingginya antusiasme masyarakat Kota Binjai dalam penerimaan vaksin, pastinya hal tersebut menjadi salah satu kendala kedepannya. 


"Untuk itu, kita akan menambahkan tempat pelaksanaan vaksinasi yang sebelumnya 12 titik nanti akan menjadi 20 titik. Selain untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, penambahan tempat vaksinasi juga untuk mencegah terjadinya kerumunan," katanya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr Sugianto, SP.OG dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi pada tahap pertama telah mencapai 96 persen. Lalu tahap kedua yang sedang berjalan saat ini hampir mencapai 80 persen, dan untuk tahap tiga akan dimulai minggu depan. 


"Saat ini target vaksinasi secara nasional adalah 1 juta/hari. Untuk Sumut targetnya 56.077 orang/hari, sedang khusus untuk Kota Binjai, kita punya target 1.216 orang/hari. Dengan adanya penambahan tempat pelaksanaan vaksinasi dan tim vaksinator kita harap dapat membantu mencapai target vaksinasi di Kota Binjai," ujar Kadis Kesehatan. 


Diakhir kegiatan, Walikota menyerahkan SK team tambahan vaksinator untuk Rs Artha Medica, Bidadari, Latersia, Bangkatan, Raskita, Ratu Mas, Al Fuadi dan Sylvani. 


Adapun daftar lokasi pelaksanaan vaksinasi tahap III adalah RS. Artha Medica, RS. Al - Fuadi, RS. Bangkatan, RS. Sylvani, RS. Bidadari, RS. Ratu Mas, RS. Latersia, RS. Raskita, RS. Kesdam Rumkit, RS. OG Hospital, Klinik Polres, Puskesmas Rambung, Puskesmas Kebun Lada, Puskesmas Tanah Tinggi, Puskesmas H. AH. Hasan, Puskesmas Binjai Kota, Puskesmas Binjai Estate, Puskesmas Bandar Senembah, dan Puskesmas Jati Makmur. (Kus)